Haru! Wanita Tunanetra Ini Dapat Cokelat Ultah Bentuk Huruf Braille

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 18 Agu 2021 16:00 WIB
Haru! Wanita Tunanetra Ini Dapat Cokelat Ultah Bentuk Huruf Braille Foto: TikTok/natbysight
Jakarta -

Restoran ini membuat ucapan ulang tahun dengan cokelat leleh. Uniknya, mereka menuliskannya dalam huruf braille untuk pelanggannya yang merupakan wanita tunanetra.

Keterbatasan yang dimiliki oleh seseorang bukan berarti membuat orang tersebut tidak pantas untuk mendapatkan perlakuan istimewa seperti orang lainnya. Banyak cara berkomunikasi yang sebenarnya bisa disesuaikan dengan kondisi dan keterbatasan yang dimiliki oleh seseorang.

Misalnya melalui tulisan braille bagi penyandang tunanetra. Tidak bisa melihat bukan berarti mereka tidak bisa membaca. Hanya saja dibutuhkan perlakuan khusus untuk membantu mereka bisa membaca pesan yang disampaikan.

Sebuah restoran yang berlokasi di kota London ini berhasil membuat warganet terharu. Pasalnya mereka membuat ucapan dalam huruf braille yang dituliskan dengan cokelat yang telah dilelehkan di atas sebuah piring. Ucapan spesial ini ditujukan untuk pelanggan tunanetranya yang saat itu berulang
tahun.

Haru! Wanita Tunanetra Ini Dapat Cokelat Ultah Bentuk Huruf BrailleHaru! Wanita Tunanetra Ini Dapat Cokelat Ultah Bentuk Huruf Braille Foto: TikTok/natbysight

Melansir vide TikTok @natbysight (17/8) seorang wanita bernama Natalie yang tunanetra tengah merayakan ulang tahunnya dengan makan malam bersama temannya di salah satu restoran di kota London. Tiba-tiba dua orang pramusaji membawakan menu pesanan mereka dengan sebuah piring bertuliskan ucapan selamat ulang tahun.

Baca juga: Pasangan Tunanetra Jualan Sambal Saat Pandemi, Raup Rp 8,9 Juta Seminggu!

Tidak disangka, ucapan itu bukan hanya dituliskan dalam huruf alfabet melainkan juga dalam huruf braille. Teman Natalie pun memandu Natalie untuk meraba piring tersebut dan seketika Natalie langsung terkejut karena ucapan yang dituliskan dengan menggunakan cokelat leleh dalam huruf braille.

"Tidak mungkin! Mereka tidak akan bisa melakukan ini. Ini benar-benar ajaib!" kata Natalie yang terlihat kaget dan sangat senang.

Malam perayaan ulang tahun itu benar-benar menjadi momen ulang tahun yang paling spesial untuk Natalie. Berniat hanya sekadar melakukan makan malam bisa untuk perayaan ulang tahunnya, Natalie justru mendapatkan ucapan ulang tahun spesial dari para pekerja restoran.

"Aku benar-benar buta dan ini adalah momen saat aku menyadari pegawai restoran membuatkan aku ucapan selamat ulang tahun. Mereka memiliki chef yang mampu menuliskan ucapan selamat ulang tahun dalam huruf Braille! Dan menggunakan cokelat yang dilelehkan," tulis keterangan dalam video.

Haru! Wanita Tunanetra Ini Dapat Cokelat Ultah Bentuk Huruf BrailleHaru! Wanita Tunanetra Ini Dapat Cokelat Ultah Bentuk Huruf Braille Foto: TikTok/natbysight

Restoran yang diketahui bernama Luciano ini ternyata memang memiliki seorang chef yang memahami huruf braille. Restoran yang berlokasi di kawasan Strand ini berhasil membuat warganet TikTok yang menyaksikan video unggahan Nat ini menjadi terharu.

Hal ini membuat Natalie percaya bahwa masih banyak orang baik yang peduli akan penyandang disabilitas seperti dirinya. Ia juga mengatakan bahwa ini akan menjadi momen ulang tahun yang tidak akan pernah dilupakan selama hidupnya.

Video tersebut bahkan telah disaksikan oleh lebih dari 10,5 juta pengguna TikTok. Banyak sekali warganet yang merasa tersentuh dan terharu atas pelayanan yang diberikan oleh restoran tersebut.

"Aku benar-benar menangis melihatnya. Ini benar-benar sangat indah!" tulis akun @datzme24.

"Mereka layak mendapatkan kebaikan dalam hidupnya! Kalian telah membuat harinya begitu spesial. Bahkan untuk beberapa tahun atau lebih. Kebahagiaan dan tawanya sangat menular," tulis akun @bshane71.

Baca juga: Jualan Camilan dari Brebes ke Jogja, Tunanetra Ini Bikin Haru Netizen



Simak Video "Unik Banget! Ada Kue Ultah dengan Saus Telur Asin"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com