Pasangan Tunanetra Jualan Sambal Saat Pandemi, Raup Rp 8,9 Juta Seminggu!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 09 Jun 2021 13:00 WIB
Pasangan Tunanetra Jualan Sambal Saat Pandemi, Raup Rp 8,9 Juta Seminggu! Foto: Facebook Yusri Azis
Jakarta -

Rezeki akan selalu ada untuk siapapun yang mau berusaha. Seperti pasangan tunanetra ini yang jualan sambal online hingga meraup Rp8,9 juta dalam waktu kurang dari seminggu! Begini ceritanya.

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang kehilangan pekerjaan dan penghasilan tetap, terlebih pandemi sudah berlangsung lebih dari satu tahun. Di masa-masa kenormalan baru pun, pemerintah tetap memberlakukan beberapa batasan sehingga aktivitas belum sepenuhnya pulih seperti sedia kala.

Seperti halnya yang terjadi di Malaysia. Pemerintah di sana memberlakukan Movement Control Order (MCO) yang membuat pasangan tunanetra, Yusri Azis dan istrinya yang bernama Nur Jannah Tan Jia Hui kehilangan pekerjaan. Restoran tempat keduanya bekerja tutup sejak dua bulan lalu.

Tapi Yusri dan Nur tidak putus asa. Mereka mendirikan toko online di Shopee bernama Yus Bisnes dengan dibantu rekan dari Universiti Malaya, Fa Phong. Toko ini dibuka pada minggu pertama bulan Juni 2021.

Pasangan Tunanetra Jualan Sambal Saat Pandemi, Raup Rp 8,9 Juta Seminggu!Pasangan Tunanetra Jualan Sambal Saat Pandemi, Raup Rp 8,9 Juta Seminggu! Foto: Facebook Yusri Azis

Baca Juga: Rahasia Bisnis Kuliner Online yang Laris di Tengah Corona

Yusri dan Nur memiliki menu andalan, Sambal Hitam. Mereka juga menjual piring dengan porsi terkontrol hingga sambal bebas gula, dan pemanis stevia. Setelahnya, pasangan tunanetra ini mempromosikan bisnis online mereka di Facebook.

Tak lama berselang, seorang netizen baik hati melihat unggahan Yusri ini dan mempromosikannya kembali di Twitter. Unggahan di Twitter inilah yang jadi viral hingga mendapat lebih dari 11 ribu retweets.

Pasangan Tunanetra Jualan Sambal Saat Pandemi, Raup Rp 8,9 Juta Seminggu!Pasangan Tunanetra Jualan Sambal Saat Pandemi, Raup Rp 8,9 Juta Seminggu! Foto: Facebook Yusri Azis

Dalam beberapa jam saja, Yusri juga kebanjiran pesanan produk senilai RM 600 atau sekitar Rp 2 juta. Lalu pada 8 Juni 2021, mereka sudah berhasil menjual 82 botol Sambal Hitam Pahang, 3 piring porsi, 1 botol sambal bebas gula, dan 1 botol pemanis stevia.

Total, Yusri dan Nur menghasilkan RM 2.591.48 atau sekitar Rp 8,9 juta dalam kurun waktu kurang dari seminggu. Dukungan dari netizen Malaysia pun terus mengalir. Banyak yang mempromosikan agar Sambal Hitam lebih laku lagi.

Baca Juga: Bakso Pandemi, Bisnis Kuliner Laris di Tengah COVID-19

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com