7 Menu Makanan Kondangan yang Selalu Jadi Favorit Tamu

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 18 Agu 2021 14:00 WIB
Personal perspective of a girl holding a spoonful of savoury filling from a pot pie with puff pastry crust in a restaurant. Foto: Getty Images/iStockphoto/PamelaJoeMcFarlane
Jakarta -

Menu makanan kondangan biasanya disajikan lengkap. Mulai dari menu utama hingga dessert. Ada 7 menu makanan kondangan yang selalu diserbu tamu.

Kondangan atau pesta pernikahan tak hanya menampilkan pasangan berbahagia saja, tapi biasanya dilengkapi dengan dekorasi yang indah serta suguhan makanan yang super lengkap. Agar para tamu bisa menikmati resepsi pernikahan tersebut.

Ada beragam menu prasmanan dan camilan pelengkap yang disajikan di kondangan. Mulai dari menu prasmanan berupa nasi putih, nasi goreng, rendang, sayur sop, dan menu lainnya. Untuk menu pendamping biasanya disajikan dalam gubuk. Ada es krim, bakso, siomay, zuppa soup, hingga kambing guling yang selalu diantre para tamu.

Karena sudah lama tak kondangan karena pandemi, mungkin kamu kangen dengan 7 menu makanan kondangan berikut ini.

1. Nasi Goreng

Chinese food Fried Ricenasi goreng kondangan Foto: iStock

Pada menu prasmanan tak hanya tersedia nasi putih, tapi juga ada menu nasi goreng. Nasi goreng ala kondangan memiliki ciri khas berbeda dengan nasi goreng lainnya.

Biasanya nasi goreng kondangan warnanya lebih pucat, mirip seperti nasi goreng ala China. Rasanya juga tak begitu kuat, cenderung lebih hambar dari nasi goreng lainnya. Dilengkapi dengan potongan sayuran dan ayam atau sosis.

Karena, nasi goreng ala kondangan ini bisa dinikmati dengan menu lauk prasmanan lain. Seperti daging sapi lada hitam, ayam bumbu kecap, gurame asam manis, hingga rendang.

Baca Juga: Heboh! Produk Sosis Ayam tapi Kemasannya Ada Logo Kepala Babi

2. Sate

Sate Ayam Ponorogo Siboen Lezatnya Melegenda 82 TahunSate Ayam Foto: Luthfi Baihaqy/detikcom

Sate ayam atau sate kambing sering disuguhkan pada menu prasmanan atau stall atau gubuk terpisah. Menu ini selalu laris diserbu para tamu, karena rasanya enak dan cara menyantapnya mudah.

Menu sate ini biasanya dinikmati bersama nasi putih atau nasi goreng dan menu prasmanan lainnya. Kalau di stall terpisah, biasa disajikan dengan potongan lontong dan sambal kacang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Cobain Rawon Malang Kesukaan SBY Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com