Cara Vakum Makanan Praktis Tanpa Alat, Cukup Pakai Air

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 18 Agu 2021 10:30 WIB
Cara Vakum Makanan Praktis Tanpa Alat, Cukup Pakai Air Foto: TikTok/renny.antonious
Jakarta -

Menyimpan makanan dalam kemasan kedap udara bisa membuat makanan lebih awet. Netizen TikTok ini membagikan cara vakum makanan praktis secara manual dan mudah ditiru.

Cara menyimpan bahan makanan tidak hanya dengan memasukkannya ke dalam kulkas, tetapi ada juga metode lain yang bisa memperpanjang masa simpannya .

Beberapa makanan mungkin tidak begitu sensitif tetapi banyak makanan yang cukup sensitif terhadap suhu dan udara yang menyebabkan makanan tersebut menjadi cepat rusak. Menyimpan bahan makanan pada wadah kedap udara menjadi solusi untuk menjaga ketahan bahan makanan selama proses penyimpanan.

Wadah kedap udara ini bisa berupa wadah dengan tutup maupun plastik yang divakum sehingga tidak lagi ada udara di dalamnya. Sayangnya menggunakan plastik vakum sering kali merepotkan dan membutuhkan peralatan vakum yang tidak murah. Padahal jika disimpan dengan plastik yang divakum, makanan bisa tahan hingga 15-20 hari.

Cara Vakum Makanan Praktis Tanpa Alat, Cukup Pakai AirCara Vakum Makanan Praktis Tanpa Alat, Cukup Pakai Air Foto: TikTok/renny.antonious

Mengutip video yang diunggah pada akun TikTok @renny.antonious (16/6), netizen TikTok ini membagikan cara mudah untuk mengeluarkan udara dari dalam kantong penyimpanan makanan tanpa alat vakum. Hanya butuh plastik klip dan sebaskom air untuk bisa mengemas makanan dalam plastik dengan rapat dan tanpa udara.

Baca juga: Tips Simpan Makanan Sisa di Kulkas Agar Tetap Aman Dimakan

"Vakum makanan tanpa mesin vakum? #IniDiaCaranya," tulis Renny pada kolom keterangannya.

Secara langsung Renny mempraktikan cara mengemas makanan dalam wadah kedap udara yang kerap dilakukannya. Di hadapannya telah tersedia makanan yang diletakkan dalam plastik dengan kemasan klip atau zip lock dan sebuah baskom air dengan setengah isian.

Cara Vakum Makanan Praktis Tanpa Alat, Cukup Pakai AirCara Vakum Makanan Praktis Tanpa Alat, Cukup Pakai Air Foto: TikTok/renny.antonious

Pertama-tama, ia mulai memasukkan makanan dalam plastik tersebut secara perlahan ke dalam air. Pelan-pelan udara yang ada di dalam plastik itu didorong keluar.

Renny terus mendorong keluar udara secara perlahan dari bagian bawah hingga mendekati bagian atas yaitu penutup plastiknya. Jika sudah sampai di bagian penutup plastik, tutup rapat bagian klip atau zip lock hingga benar-benar repat dan tidak ada celah.

Setelah bagian pengunci kemasan sudah rapat, angkat plastik dan keringkan dari sisa air yang menempel. Hasilnya plastik kemasan makanan tersebut benar-benar tanpa udara, mirip seperti pemrosesan menggunakan mesin vakum.

Cara Vakum Makanan Praktis Tanpa Alat, Cukup Pakai AirCara Vakum Makanan Praktis Tanpa Alat, Cukup Pakai Air Foto: TikTok/renny.antonious

"Bisa untuk daging dan sayuran juga!" tulis Renny dalam video.

Saat detikcom (2/8) melihatnya, video yang dibagikan oleh Renny ini sudah dilihat oleh lebih dari 213 ribu pengguna TikTok. Banyak sekali pengguna TikTok yang berterima kasih pada Renny karena telah membagikan tips yang sangat berguna ini.

"Berguna banget buat small business yang belum bisa kebeli vacuum," tulis akun @prinsufarhan.

"Bisa pake hairdryer. Di bagian udara masuknya bekerja seperti vacuum. Kalau punya.. Rata-rata terutama cewek pasti punya sih ya," tulis akun @bambangwijaya77.

Baca juga: Ini Tips Menyusun dan Menyimpan Makanan di Kulkas yang Viral



Simak Video "KuTips: Tips Menyimpan Cabai Agar Tak Cepat Busuk"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com