Tips Simpan Makanan Sisa di Kulkas Agar Tetap Aman Dimakan

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 14 Apr 2021 10:30 WIB
Tips Simpan Makanan Sisa di Kulkas Agar Tetap Aman Dimakan Foto: Ilustrasi iStock
Jakarta -

Banyak orang yang simpan makanan sisa di kulkas terlalu lama. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan, agar makanan sisa dari kulkas tetap aman dikonsumsi.

Selama bulan ramadan banyak orang yang sering menyimpan makanan sisa dari sahur atau buka puasa untuk dihangatkan kembali. Tapi karena terlalu banyak makanan yang disimpan, orang-orang sampai lupa untuk mengkonsumsinya kembali.

Meski hampir setiap jenis makanan memiliki masa konsumsi yang berbeda. Tapi menurut Mayo Clinic dan Departemen Pertanian Amerika Serikat atau USDA. Ada beberapa aturan yang sebaiknya diperhatikan oleh orang-orang, jika menyimpan makanan sisa di dalam kulkas.

Mulai dari masa penyimpanan yang kurang dari seminggu. Sampai menyimpan makanan di bagian freezer agar bakteri tidak tumbuh.

Baca Juga: 5 Komunitas Ini Kumpulkan Sampah Makanan Sisa, Ada yang Dari Indonesia

1. Waktu Penyimpanan

Tips Simpan Makanan Sisa di Kulkas Agar Tetap Aman DimakanTips Simpan Makanan Sisa di Kulkas Agar Tetap Aman Dimakan Foto: Ilustrasi iStock

Menurut pernyataan dari USDA, durasi waktu yang paling aman untuk mengkonsumsi makanan sisa yang sudah dimasak adalah 3-4 hari. Jangka waktu penyimpanan ini terbilang pendek, karena makanan sisa biasanya terdiri dari berbagai jenis makanan. Di mana risiko pertumbuhan bakteri lebih tinggi.

"Makanan sisa yang sudah matang atau dimasak, bisa disimpan di dalam kulkas selama 3-4 hari. Selama waktu penyimpanan ini, orang-orang bisa menghangatkan makanan ini kembali pada suhu 74 celcius," tulis USDA.

Setelah makanan sisa dihangatkan, pastikan untuk menyimpannya kembali ke dalam kulkas jika masih ada porsi yang tersisa. Setidaknya makanan sisa ini harus disimpan kembali dalam waktu kurang dari dua jam. Karena dikhawatirkan terjadinya pertumbuhan bakteri hingga toxin, yang bisa membuat orang sakit atau diare saat memakannya.

2. Menghangatkan Makanan Sisa

Tips Simpan Makanan Sisa di Kulkas Agar Tetap Aman DimakanTips Simpan Makanan Sisa di Kulkas Agar Tetap Aman Dimakan Foto: Ilustrasi iStock

Setelah makanan sisa dihangatkan, masa penyimpanannya bisa diperpanjang hingga 3-4 hari ke depan di dalam kulkas. Menurut USDA, masih aman mengkonsumsi makanan sisa yang sudah dihangatkan.

Tentunya semua makanan sisa ini wajib dimasak ulang jika akan dimakan. Tujuan dimasak atau dipanaskan ulang agar bakteri-bakteri yang sempat tubuh langsung mati. Tapi kekurangannya adalah, nutrisi dari makanan ini tentunya berkurang jauh.

"Setiap kali makanan dihangatkan atau dimasak ulang, kandungan nutrisi dan vitaminnya akan berkurang jauh. Jadi sebaiknya hangatkan makanan sisa dalam porsi yang dibutuhkan," tulis USDA.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Pancake Pisang Saus Karamel"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com