Kehilangan Lidah Karena Kanker, Wanita Ini Justru Sukses Tulis Buku Resep

Sonia Basoni - detikFood Senin, 16 Agu 2021 19:00 WIB
Kehilangan Lidah Karena Kanker, Wanita Ini Justru Sukses Tulis Buku Resep Foto: Daily Mail Uk
Jakarta -

Wanita ini kehilangan lidah karena penyakit kanker. Namun, ia justru sukses tulis buku resep yang membantunya agar bisa merasakan makanan lagi.

Laura Marston merupakan penulis buku resep dari Borehamwood di Inggris. Ia harus kehilangan bagian lidahnya, setelah merasakan sensasi terbakar di sekitar lidahnya pada tahun 2018 lalu.

Baca Juga: Meong! Buku Resep 'Pusheen' Ini Ungkap Resep Pancake Sampai Pizza

Dilansir dari Daily Mail UK (16/08), kondisi Laura yang tak kunjung membaik membuatnya pergi ke rumah sakit. Ia didiagnosa menderita kanker lidah stadum 4 di usianya yang menginjak 41 tahun. Bahkan dokter mengatakan kesempatannya hidup hanya tinggal 30% lagi.

Kehilangan Lidah Karena Kanker, Wanita Ini Justru Sukses Tulis Buku ResepKehilangan Lidah Karena Kanker, Wanita Ini Justru Sukses Tulis Buku Resep Foto: Daily Mail Uk

Namun Laura tak menyerah, setelah operasi pengangkatan lidah agar kankernya tak menyebar. Ia juga menjalani beberapa operasi untuk membuat lidah buatan yang diambil dari kulit bagian tangan kirinya.

Meski kini Laura sudah sembuh dan harus hidup dengan lidah buatan. Namun wanita ini justru menemukan semangat hidupnya, saat mendalami dunia memasak. Ia bahkan mampu menciptakan buku resep, berisi makanan-makanan yang membantunya mendapatkan indera perasanya kembali setelah sembuh dari kanker lidah.

"Berawal dari yang hanya bisa menyantap makanan cair saja, sampai bisa menyantap makanan padat. Proses ini memang tak mudah, tapi saya cukup bangga dengan diri saya," ungkap Laura.

Di dalam masa pemulihannya, Laura mulai rajin masak. Ia memanfaatkan bahan-bahan dan peralatan masaknya di rumah untuk mengisi waktu luang.

"Dulu saya makan itu untuk kebutuhan saja. Rasanya jadi berbeda. Semenjak kehilangan lidah, saya jadi tidak bisa merasakan makanan dengan sempurna. Tapi untuknya suami saya sangat baik dan mendukung semua kegiatan saya," lanjutnya.

Dengan segala keterbatasannya, Laura kini berhasil mengeluarkan buku resep berjudul 'Eating With Confidence'. Buku resep ini tak hanya berisi makanan saja, tapi juga membantu orang-orang penderita kanker lidah yang kesulitan makan.

Kehilangan Lidah Karena Kanker, Wanita Ini Justru Sukses Tulis Buku ResepKehilangan Lidah Karena Kanker, Wanita Ini Justru Sukses Tulis Buku Resep Foto: Daily Mail Uk

"Saya menulis resep yang membantu memulihkan indera perasa saya. Seperti saat itu suami saya sedang makan pizza, sementara saya makan smoothie. Saya akhirnya penasaran dan mencapur pepperoni di pizza ke dalam sup tomat saya," ungkap Laura.


Meski terdengar aneh tapi paduan sup tomat yang kental dengan irisan daging pepperoni menjadi hidangan yang enak.


"Saya juga menuliskan resep kentang bakar sesuai pengalaman saya. Karena menurut saya enak. Kini saya makan seperti orang normal pada umumnya, dan menjalani hidup saya semaksimal mungkin. Tak ada lagi yang menghalangi saya," pungkas Laura dengan senang.

Baca Juga: Unik! Tiga Chef Ini Ciptakan Buku Resep Terinspirasi Makanan Kucing



Simak Video "Bikin Laper: Cobain Rawon Malang Kesukaan SBY Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com