Miris! Mahasiswi Ini Tak Diberi Makan dan Minum Saat Karantina di Hotel

Diah Afrilian - detikFood Senin, 16 Agu 2021 17:45 WIB
Miris! Mahasiswi Ini Tak Diberi Makan dan Minum Saat Karantina di Hotel Foto: BBC UK
Jakarta -

Selama pandemi Covid-19, beberapa hotel mengalami pengalihfungsian sebagai tempat karantina untuk wisatawan. Tetapi mahasiswi ini justru tak mendapatkan pelayanan yang layak saat karantina di hotel ini.

Perjalanan saat pandemi memang sangat tidak dianjurkan dan sebisa mungkin harus ditunda. Walaupun setiap wilayah akan memberlakukan karantina bagi wisatawan yang baru saja datang, tetapi risiko tertular virus masih sangat tinggi.

Beberapa hotel yang dianggap memiliki fasilitas memadai bahkan disulap untuk menampung wisatawan yang baru saja tiba untuk menjalani masa karantina mandiri. Tetapi pengalaman tak mengenakkan justru terjadi pada mahasiswi ini.

Kejadian tersebut dialaminya justru setelah ia selesai berkunjung ke suatu negara dan ingin kembali pulang ke rumahnya. Tepat sebelum ia terbang dengan pesawat untuk pulang, dirinya dinyatakan positif Covid-19.

Miris! Mahasiswi Ini Tak Diberi Makan dan Minum Saat Karantina di HotelMiris! Mahasiswi Ini Tak Diberi Makan dan Minum Saat Karantina di Hotel Foto: BBC UK

MelansirBBC UK (8/7,) SophieBurdge, mahasiswi yang tengah menempuh pendidikankeperawatan ini mengalami kejadian tak menyenangkan saat menjalani masa karantina di salah satu hotel di Spanyol.Burgde yang baru saja selesai melakukan perjalananliburannya di Majorca, Spanyol saat itu akan pulang ke Barry, Wales, Inggris.

Baca juga: Ini Menu Makanan yang Diberikan Gratis Saat Karantina di Wisma Atlet

Saat dirinya hendak melakukan tes Covid-19 sebagai salah satu syarat sebelum melakukan penerbangan untuk pulang, Burdge dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Burdge kemudian diarahkan untuk melakukan karantina di Hotel Palma Bellver.

Setibanya di hotel tempat karantina, Burdge memesan makanan untuk dirinya yang mulai merasa lapar. Namun pihak hotel mengatakan bahwa saat itu sudah tidak ada lagi makanan.

Miris! Mahasiswi Ini Tak Diberi Makan dan Minum Saat Karantina di HotelMiris! Mahasiswi Ini Tak Diberi Makan dan Minum Saat Karantina di Hotel Foto: BBC UK

"Kemudian mereka bilang, karena aku datang sangat telat ke hotel jadi aku tidak bisa mendapatkan makanan apapun. Aku benar-benar sangat lapar saat itu," kataBurdge (22).

Berdasarkan informasi yang diterima Burdge, akhirnya Burdge memutuskan untuk memesan makanan secara online agar dirinya bisa mengatasi rasa laparnya. Tetapi hal yang lebih buruk justru terjadi. Pihak hotel tidak mengantarkan makanan pesanan Burdge bahkan setelah Burdge mencoba memesan di dua restoran berbeda.

"Aku memesan McDonald's dan mereka tidak memberikan itu kepadaku, mereka mengambilnya. Kemudian aku coba memesan lagi dari restoran yang berbeda dan mereka juga tidak memberikannya kepadaku. Aku saat itu menangis karena kelaparan," jelas Burdge.

Bukan hanya makanan, Burdge juga tidak mendapatkan air mineral untuk minum dengan layak. Burdge sudah berkali-kali menghubungi pekerja hotel untuk meminta air mineral tetapi tidak ada satu pun yang datang ke kamarnya untuk memberikannya sebotol air mineral.

Miris! Mahasiswi Ini Tak Diberi Makan dan Minum Saat Karantina di HotelMiris! Mahasiswi Ini Tak Diberi Makan dan Minum Saat Karantina di Hotel Foto: BBC UK

Setelah beberapa waktu, Burdge menemukan bahwa wisatawan lain yang tengah dikarantina di hotel yang sama bahkan harus menggunakan spreinya sebagai tali. Mereka akan memesan makanan dan minuman kemudian pengemudi yang mengantarkan makanan akan mengikatkan pesanannya dan ditarik ke atas. Cara ini juga dilakukan oleh seorang wisatawan lainnya yang hendak memberikan sebotol air minum untuk Burdge.

"Orang-orang memesan makanan dan menurunkan tali ke bawah dari sprei mereka dan pengantar makanannya akan mengikatkan pesanan pada tali itu," kata Burdge.

Setelah kabar ini beredar pihak hotel langsung memberikan tanggapan dan mengatakan bahwa hotel telah menyediakan makanan empat kali sehari untuk para pengunjung yang melakukan karantina. Dibawah pengawasan ahli gizi yang disediakan oleh hotel, pengunjung yang melakukan karantina juga diperbolehkan untuk memesan makanan tetapi bukan makanan olahan.

Baca juga: Karantina di Hotel Bintang 4, Ibunda Rachel Vennya Curhat Soal Makanan



Simak Video "Bikin Laper: Unik! Sego Dakon dengan Aneka Lauk di Atas Congklak"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com