Waduh! Pengantar Makanan Ini Ancam Pelanggannya yang Tak Beri Tip

Diah Afrilian - detikFood Senin, 16 Agu 2021 16:00 WIB
Waduh! Pengantar Makanan Ini Ancam Pelanggannya yang Tak Beri Tip Foto: Insider
Jakarta -

Menggunakan jasa pesan antar makanan dimaksudkan untuk memudahkan. Tetapi oknum pengantar makanan ini justru mengancam pelanggan yang tak berikan uang tip.

Memiliki waktu yang terbatas membuat banyak orang memutuskan untuk menggunakan layanan pesan antar makanan agar lebih mudah. Membayar lebih banyak untuk jasa pengantaran dirasa lebih baik dibandingkan harus meninggalkan kegiatan yang penting dan tak bisa dihentikan.

Saat memesan makanan melalui layanan pesan antar, biaya yang ditagihkan juga telah termasuk jasa pengiriman untuk membayar kurir makanan. Tidak ada kewajiban untuk memberikan uang tip lebih dan tidak masalah juga jika ingin memberikan bayaran tambahan bagi kurir pengantar makanan.

Tetapi hal sebaliknya justru dilakukan oleh kurir pengantar makanan ini. Merasa pekerjaannya tak dibayar, ia bahkan membuat surat ancaman untuk pelanggannya lewat makanan yang diantar.

Waduh! Pengantar Makanan Ini Ancam Pelanggannya yang Tak Beri TipWaduh! Pengantar Makanan Ini Ancam Pelanggannya yang Tak Beri Tip Foto: Insider

Melansir melalui Insider (12/8), seorang kurir pengirim makanan mengunggah sebuah video tidak sopan pada akun TikToknya. Ia menunjukkan kesehariannya mengantar makanan dan menuliskan ancaman bagi para pelanggannya dalam video-video unggahannya tersebut.

Baca juga: Dikasih Tip Hampir Rp 11 Juta Saat Antar Makanan, Driver Ojol Ini Terharu

Melalui akun TikTok @frenchfrythug (10/8) pada unggahan videonya di hari itu ia melayangkan ancaman bagi pelanggannya. Video yang pernah ditonton lebih dari 335 ribu kali itu, sebelum akunnya diprivasikan, memancing banyak emosi netizen.

"Jika kamu tidak bisa memberikan tip kemudian pergilah sendiri untuk mengambil makananmu. Kamu pikir kamu siapa bisa memesan makanan dengan
orang yang datang untuk mengantarkannya pada secara gratis? Benar-benar gratis?" tulis @frenchfrythug dalam surat ancamannya tersebut.

Pasalnya surat tersebut akan diberikan bersamaan dengan diantarkannya makanan ke depan pintu rumah pelanggan. Bahkan ada juga surat yang sengaja direkatkan bersama makanan yang diantarkan berharap pelanggan akan langsung membacanya dan memberikannya tip pada aplikasi pemesanan.

Setelah unggahannya viral, pihak perusahaan aplikasi pengantaran tersebut langsung menindak pegawainya yang tak sopan. DoorDash selaku perusahaan layanan antar makanan tersebut langsung mengusut tuntas pelaku dan memberikannya sanksi yang sesuai.

Waduh! Pengantar Makanan Ini Ancam Pelanggannya yang Tak Beri TipWaduh! Pengantar Makanan Ini Ancam Pelanggannya yang Tak Beri Tip Foto: Insider

"Perlakuan seperti ini sudah jelas tidak sopan dan tidak bisa dimaafkan bagi DoorDash. Kami sedang mendalami insiden ini dan akan melakukan tindakan yang seharusnya," kata juru bicara DoorDash.

Berbagai komentar netizen di TikTok juga terlihat memenuhi kolom komentar. Bahkan banyak juga netizen yang mengomentarinya langsung dengan video yang ditujukan untuk kurir makanan tersebut.

"Secara teknis itu tidak gratis, DoorDash telah membayarmu," tulis salah satu netizen.

"Aku tidak pernah memberi tip. Aku bayar biaya layanan untuk DoorDash atau UberEats, dan itu cukup. Jika kamu tidak menghasilkan cukup uang sebaiknya pergi cari pekerjaan baru," kata netizen lainnya yang ikut berkomentar.

Baca juga: Tahun Baru, Pelayan Restoran Ini Dapat Uang Tip Rp 28 Juta



Simak Video "Dear Ojol dan Pekerja Informal, Ada 50 Warteg Sediakan Makan Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com