Bangga! Indonesia Punya Peternak Sapi Sukses di Selandia Baru

Devi Setya - detikFood
Minggu, 15 Agu 2021 13:00 WIB
Bangga! Indonesia Punya Peternak Sapi Sukses di Selandia Baru
Foto: Farmers Weekly
Jakarta -

Bukan hanya di tanah air, peternak sapi sukses asal Indonesia juga ada di Selandia Baru. Pria bernama Dr. Reza Abdul Jabbar terkenal sebagai WNI yang sukses menjadi peternak sapi perah di Selandia Baru.

Dr. Reza Abdul Jabbar atau akrab disapa Dr. Reza ini adalah pria asli Indonesia kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat. Sudah sejak kecil ia bercita-cita menjadi seorang petani. Kini cita-cita Dr. Reza tercapai, bahkan ia menjadi peternak sapi sukses di Selandia Baru.

Kisah suksesnya baru-baru ini diceritakan lewat tayangan Zoom bersama Dubes Selandia Baru, Tantowi Yahya lewat tayangan bertajuk 'Kisah Sukses Diaspora Indonesia di Selandia Baru' pada 9 Agustus 2021. Dr. Reza jadi satu dari empat WNI yang sukses di Selandia Baru.

Bangga! Indonesia Punya Peternak Sapi Sukses di Selandia BaruBangga! Indonesia Punya Peternak Sapi Sukses di Selandia Baru Foto: Farmers Weekly

Dr. Reza kini merupakan peternak yang memiliki lebih dari 4.000 ekor sapi perah. Setiap harinya sapi ini menghasilkan ratusan ribu liter susu yang kemudian diolah kembali menjadi susu siap minum. Produk susunya bahkan sudah menjadi komoditi ekspor.

"Semuanya bermula ketika saya masih remaja, kala itu saya memang bercita-cita untuk menjadi petani dan dengan izin Allah, ayah saya menawarkan saya untuk melanjutkan pendidikan tentang peternakan di Selandia Baru." tutur Dr. Reza.

Di awal memulai peternakan ini, Dr. Reza memiliki 200 ekor sapi. Sapi dan lahan yang ia miliki saat itu dibeli dari hasil tabungan ia dan sang istri. Sebelum memulai usaha peternakannya, Dr. Reza lebih dulu bekerja di tempat lain. Sama halnya dengan sang istri.

Kini Dr. Reza sudah memiliki peternakan di lahan seluas 1.000 hektar di Invercargill, Selandia Baru. Pria yang juga Ketua Asosiasi Muslim Southland, Selandia Baru, ini bukan hanya dikenal sebagai peternak, melainkan juga penyedia daging sapi halal di Selandia Baru.

Memiliki iklim sejuk, tanah subur, dan air melimpah, membuat Selandia Baru menciptakan lingkungan sempurna untuk peternakan dan pertanian. Hal inilah yang membuat ribuan sapi milik Dr. Reza bisa tumbuh dengan sehat.

Selandia Baru juga dikenal sebagai produsen penghasil susu sapi berkualitas. Pria berjanggut tebal ini juga mengatakan semua bisnis yang dijalani dengan niat baik dan berdasarkan ajaran Islam maka akan menghasilkan hasil yang baik pula.

Bangga! Indonesia Punya Peternak Sapi Sukses di Selandia BaruBangga! Indonesia Punya Peternak Sapi Sukses di Selandia Baru Foto: Farmers Weekly

Dikutip dari laman New Zealand Herald, Dr. Reza bersama istrinya juga sempat menjadi konsulat jenderal untuk RI di wilayahnya dan menjadi anggota dewan pengurus George Road School.

Kini Dr. Reza membuka kesempatan bagi siapapun yang ingin belajar beternak sapi dengannya. Tak sedikit anak muda yang datang dari Indonesia ke peternakannya di Selandia Baru untuk sekadar belajar beternak sapi.



Simak Video "Mangut Geger Sapi Ini Diklaim Bantu Tingkatkan Vitalitas!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/adr)