Susu Unta Disebutkan dalam Hadits, Benarkah Bisa Jadi Obat?

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 15 Agu 2021 05:00 WIB
susu unta Foto: iStock

3. Mitos Racikan Susu dan Air Kencing Unta

susuFoto: Thinkstock

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa campuran susu dan air kencing unta memiliki manfaat kesehatan yang ajaib. Selain susunya, air kencing unta juga dipercaya mengandung obat bagi penyakit dalam di bagian perut.

"Sesungguhnya dalam air kencing unta dan susunya mengandung obat bagi penyakit di dalam perut mereka," HR. Ahmad:2545.

Tetapi manfaat air kencing unta ini masih belum bisa dibuktikan secara ilmiah, bahkan kehalalannya diragukan. Menurut Cholil Nafis, ketua umum Majelis Ulama Indonesia, berdasarkan mazhab ASy-Syafi'iyah dan Al Hanafiyah menegaskan bahwa semua benda yang keluar dari tubuh hewan melalui kemaluan depan maupun belakang dikatakan sebagai najis. Air kencing merupakan cairan yang keluar melalui kemaluan depan uta sehingga tergolong sebagai najis dan tidak boleh dikonsumsi.

Pada penelitian yang dilakukan secara medis, air kencing unta ditemukan memiliki sifat antikanker. Sehingga pada penelitian tersebut air kencing unta diprediksi dapat meminimalisir jaringan kanker dan juga menghambat penyebarannya. Tetapi masih diperlukan penelitian yang lebih mendalam untuk melihat manfaatnya dengan sangat teliti terutama penemuan bahwa air kencing unta dapat mengatasi kanker.

4. Tempat Membeli Susu Unta di Indonesia

Bagi masyarakat Indonesia yang membutuhkan maupun yang berminat untuk mencicipi susu unta bisa saja didapatkan dengan mudah secara online. Melalui aplikasi belanja online sudah banyak penjual susu unta yang menjajakan produknya.

Agar kualitasnya terjaga pada saat pengiriman, susu unta ini dipasarkan dengan bentuk susu bubuk dalam kemasan-kemasan yang sudah disesuaikan. Ada yang dikemas dalam ukuran kecil untuk satu gelas hingga ukuran kemasan sedang yang bisa dikonsumsi dalam beberapa kali.

Harga yang dibanderol untuk susu unta bubuk kemasan ini berkisar dari Rp20 ribu hingga ratusan ribu untuk kemasan berukuran sedang. Cara konsumsinya cukup mudah yaitu dengan menyeduh susu unta menggunakan air hangat dan dikonsumsi sebanyak dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

Baca juga: Tingkatkan Kekebalan Tubuh hingga Bikin Awet Muda, Ini Manfaat Minum Susu Unta

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com