4 Fakta Kerang Kima, Ukurannya Jombo hingga Klaim untuk Vitalitas Pria

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 13 Agu 2021 19:00 WIB
4 Fakta Kerang Kima, Ukurannya Jombo hingga Klaim untuk Vitalitas Pria Foto: iStock
Jakarta -

Memiliki lautan yang luas membuat Indonesia kaya akan biota laut. Salah satunya kerang kima yang sudah ada sejak zaman purba dan punya banyak manfaat.

Kima merupakan sejenis kerang berukuran besar yang hidup di wilayah perairan Asia Tenggara. Salah satu wilayah perairan yang menjadi tempat tinggal kima paling banyak adalah perairan timur Indonesia.

Kerang kima sudah hidup sejak zaman purbakala dan bahkan juga menjadi santapan sehari-sehari di masa lampau. Kehadiran kerang kima di laut ternyata juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk susunan ekosistem biota laut.

Kerang kima memiliki kemampuan untuk menyaring air laut hingga puluhan ton liter dengan sistem filter luar biasa yang dimilikinya. Kerang kima yang banyak ditemukan di wilayah perairan Raja Ampat, Sulawesi hingga Nusa Tenggara Timur ini juga memiliki fakta-fakta unik dan menarik yang perlu diketahui.

Berikut ini 4 fakta menarik tentang kima yang telah dirangkum melalui berbagai sumber:

4 Fakta Kerang Kima, Ukurannya Jombo hingga Klaim untuk Vitalitas Pria4 Fakta Kerang Kima, Ukurannya Jombo hingga Klaim untuk Vitalitas Pria Foto: iStock

1. Berukuran Jumbo

Berbeda dengan ukuran kerang pada umumnya, ukuran kima bisa menyentuh angka 1,5 meter. Ukuran kima sebesar 1,5 meter ini rata-rata memiliki bobot mencapai 250 kilogram per ekor.

Karena mampu bertahan lama, bahkan ada juga kima yang ditemukan hingga mencapai ukuran 2,5 meter. Tentunya ukuran ini menjadi ukuran kima raksasa yang besarnya hampir tiga kali lipat ukuran tubuh manusia.

Namun dibalik ukuran kima yang besar dibutuhkan waktu hingga berpuluh-puluh tahun atau bahkan ratusan tahun untuk kima agar dapat tumbuh mencapai ukuran raksasa. Pasalnya pertumbuhan kima tergolong cukup lambat yakni hanya sekitar 2 cm hingga 12 cm per tahunnya.

Baca juga: Kerang Montok: Cicip Indomie Kerang dan Kerang Mozarella yang Lagi Hits

2. Makanan Mewah dari Indonesia

Kima tidak bisa dipanen sepanjang tahun, ada waktu-waktu tertentu untuk mendapatkan kima berukuran besar dan harganya akan sangat mahal di pasaran. Namun perburuan besar-besaran membuat keberadaan kima terancam.

Kima mengandung kadar protein yang sangat tinggi dan khasiatnya telah diketahui sejak jaman nenek moyang. Di masa lampau, kima memang masih bisa diburu secara bebas tetapi saat ini sudah ada peraturan resmi pemerintah yang hanya memperbolehkan perburuan kima di wilayah-wilayah tertentu sehingga harganya melonjak tajam.

Satu kerang kima berukuran kecil bahkan bisa dibanderol hingga mencapai Rp150 ribu. Selain itu ada juga kerang kima berukuran sangat besar yang dibanderol seharga Rp3,2 juta per ekornya. Hidangan kerang kima juga tak bisa didapatkan di restoran sembarangan karena hanya restoran-restoran mewah yang biasa menyajikan kerang purba raksasa tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Resep Wedang Jahe untuk Tingkatkan Stamina Pria"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com