Anak Penghafal Alquran 'Bayar' Pakai Doa Kalau Jajan Snack di Sini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 13 Agu 2021 11:30 WIB
Anak Penghafal Alquran Bayar Pakai Doa Kalau Jajan Snack di Sini Foto: TikTok @mutiarasangaji
Jakarta -

Kisah inspiratif ini dibagikan seorang dokter di TikTok. Sang ayah membuka warung snack berjalan bagi anak-anak penghafal Alquran. Bayarnya cukup pakai doa!

Ada banyak konten inspiratif yang bisa dijadikan contoh atau pelajaran di TikTok. Salah satunya kisah berbagi pada sesama manusia di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini dilakukan Mutiara Sangaji, seorang dokter yang kerap berbagi tips diet di Instagram dan TikTok. Unggahannya soal "Warung Berjalan Kakek" (10/8) viral di TikTok hingga sudah ditonton lebih dari 94 ribu kali saat berita ini ditulis.

Mutiara mengisahkan inisiatif sang ayah dalam berbagi pada anak-anak penghafal Alquran atau menjalankan tahfidz Alquran. Sang ayah membuka 'warung' berjalan di bagasi mobilnya.

Anak Penghafal Alquran 'Bayar' Pakai Doa Kalau Jajan Snack di SiniAnak Penghafal Alquran 'Bayar' Pakai Doa Kalau Jajan Snack di Sini Foto: TikTok @mutiarasangaji

Warung tersebut berisi banyak snack gurih dan manis, seperti keripik kentang, biskuit, cokelat, minuman, dan juga mainan. Nantinya sang ayah yang akrab disapa Kakek Ongen akan berkeliling mengunjungi tempat anak-anak penghafal Alquran.

"Ayah dari papahku adalah seorang ustaz. Makanya papah seneng banget sama anak-anak yang tahfidz Alquran," kata Mutiara. Ia lantas menunjukkan sang ayah yang antusias menyambut anak-anak penghafal Alquran di warungnya saat ia mendatangi beberapa titik lokasi.

Menurut Mutiara, awalnya sang ayah hanya iseng membuka warung ini untuk cucu-cucunya supaya mereka bisa 'setoran' hafalan surat dan doa-doa. "Tapi kok kayaknya seru ya kalau (dibawa) jalan-jalan," lanjut Mutiara.

Anak Penghafal Alquran 'Bayar' Pakai Doa Kalau Jajan Snack di SiniAnak Penghafal Alquran 'Bayar' Pakai Doa Kalau Jajan Snack di Sini Foto: TikTok @mutiarasangaji

Anak-anak penghafal Alquran hanya perlu 'membayar' snack pilihannya dengan doa. Mereka juga diberikan makanan gratis.

Dihubungi detikfood (11/8), Mutiara mengisahkan lebih lanjut soal inisiatif Warung Berjalan Kakek Ongen ini. Lokasinya saat berbagi ada di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur.

"Kalau warung keliling gratis ini sudah jalan satu bulan untuk anak-anak. Kita cuma bisa bantu sebisa kita ya, mungkin kecil yah tapi dilihat dari raut bahagia anak-anak suka itu sudah Alhamdulillah," katanya.

Warung Berjalan Kakek Ongen beroperasi di hari libur. "Jadi anak-anakku bisa melihat walaupun dari jauh, bisa jadi pelajaran buat kita keluarga. Jadwalnya Jumat, Sabtu, dan Minggu," sambung Mutiara.

Anak Penghafal Alquran 'Bayar' Pakai Doa Kalau Jajan Snack di SiniAnak Penghafal Alquran 'Bayar' Pakai Doa Kalau Jajan Snack di Sini Foto: TikTok @mutiarasangaji

Selain berbagi pada anak-anak penghafal Alquran, Mutiara dan keluarganya juga rutin berbagi sembako selama pandemi atau sekitar dua tahun terakhir.

Mutiara mengatakan, "Kalau dapat rezeki, keluargaku suka urunan biar bantu orang sekitar. Nah, kita kelola bareng-bareng dengan dana yang ada." Ia pun berharap ke depannya bisa terus melakukan inisiatif mulia ini.

"Wilayah berbagi sudah banyak, mulai dari Kemang, Lebak Bulus, Jatinegara, Duren Sawit, Tanjung Priok. Sekalian jalan-jalan tapi tetap dari dalam mobil baginya," lanjut wanita ramah ini.

Ia pun menegaskan tujuannya mengunggah momen berbagi di media sosial bukan untuk pamer. "Tujuannya biar jadi inspirasi untuk banyak orang turun tangan, bantu orang saat pandemi. Nggak ada (tujuan) yang macam-macam kok," pungkasnya.



Simak Video "Bikin Laper: Ngeri-ngeri Sedap, Makan Bakso di Pinggir Rel"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com