Resep Jamu Indonesia Terancam Punah dan Alami Krisis Bahan Baku

Riska Fitria - detikFood Jumat, 13 Agu 2021 08:00 WIB
Resep Jamu Indonesia Terancam Punah dan Alami Krisis Bahan Baku Foto: iStock
Jakarta -

Jamu merupakan ramuan sehat yang berkhasiat untuk tubuh. Namun sayangnya, Indonesia tengah mengalami krisis bahan baku jamu.

Rempah-rempahan tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, tetapi juga dapat diracik menjadi jamu. Sebagai negara penghasil rempah terbesar, Indonesia tercatat memiliki 15.773 resep jamu.

Hal itu diungkap oleh founder Acaraki Jamu, Jony Yuwono dalam webinar Jalur Rempah yang dilakukan secara virtual (10/08). Menurut Jony resep jamu itu diracik dari 1.740 spesies tanaman yang berbeda.

Baca Juga: Lengkapi Sarapan dengan Jamu Tradisional Untuk Tingkatkan Imunitas

Resep Jamu Indonesia Terancam Punah dan Alami Krisis Bahan BakuResep Jamu Indonesia Terancam Punah dan Alami Krisis Bahan Baku Foto: iStock

"Itu berdasarkan darat Riset Tanaman Obat dan Jamu di Indonesia (Ristoja) milik Kementerian Kesehatan tahun 2012. Artinya 30.000 tanaman obat di Indonesia adalah sumber kesehatan untuk mencegah penyakit masa depan," ujar Jony Yuwono.

Sayangnya, jamu kurang begitu diminati sehingga para petani lebih memilih menanam kopi dan teh dari pada rempah, bahan baku jamu. Hal tersebut menyebabkan terjadinya krisis bahan baku jamu di Indonesia.

"Para petani rempah sebagai penyedia bahan baku jamu cenderung memilih kopi dan teh. Jika hal ini berlanjut, jangan sampai rempah kita malah dibudidaya oleh tetangga kita," ujar Jony.

Resep Jamu Indonesia Terancam Punah dan Alami Krisis Bahan BakuResep Jamu Indonesia Terancam Punah dan Alami Krisis Bahan Baku Foto: iStock

Lebih lanjut, Jony menjelaskan bahwa permintaan rempah-rempah di Indonesia tidak konsisten. Bahkan dapat dikatakan tidak ada bagian penting. Hal itu dilihat dari cara penyortirannya.

Ketika panen kopi dan teh biasanya disortir sesuai dengan kualitasnya, sehingga harganya bervariasi. Namun, tidak pada rempah yang langsung dicampur, sehingga untuk harga jualnya pun langsung dipukul rata.

Jika jamu tidak dilestarikan maka, Indonesia akan kehilangan resep-resep jamu yang sudah dikenal sebagai obat sejak turun temurun. Sebab, bukan hanya bahan bakunya saja yang mengalami krisis tetapi juga peresep jamu.

Resep Jamu Indonesia Terancam Punah dan Alami Krisis Bahan BakuResep Jamu Indonesia Terancam Punah dan Alami Krisis Bahan Baku Foto: iStock

Jony mengungkapkan data dari Ristoja 2015 menyebutkan bahwa 49,5% dari pelaku pengobatan tradisional yang meresepkan jamu-jamu sudah berusia 60 tahun ke atas dan yang memiliki murid hanya sepertiganya saja.

"Kalau pensiun siapa yang akan mengolah? Jika tidak ada bagaimana dengan resep jamu tersebut? Kalau resepnya hilang gimana dengan budidaya terhadap tanaman itu?," tutur Jony.

Baca Juga: Ini 5 Jamu Tradisional yang Bisa Jaga Kebugaran dan Imun Tubuh



Simak Video "Cita Rasa Ayam Bakar Rempah dan Tuna Kecombrang yang Nendang di Lidah"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com