Daun Kelor Tertulis dalam Alquran, Ini 6 Manfaatnya untuk Kesehatan

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 12 Agu 2021 05:51 WIB
Manfaat Daun Kelor Sebagai Superfood Kaya Khasiat Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto/didoi
Jakarta -

Daun kelor banyak tumbuh di Indonesia. Manfaatnya bahkan tertulis dalam Alquran. Mulai dari mengendalikan hormon hingga menangkal radikal bebas.

Daun kelor merupakan tumbuhan akar tunggal yang mengandung nitrogen yang sangat tinggi dan bermanfaat menyuburkan tumbuhan-tumbuhan di
sekitarnya. Daun kelor memiliki struktur daun yang sangat kecil sehingga sejak masa lampau pohonnya seringkali ditanam untuk tempat berteduh.

Dalam Alquran surat Al Fath ayat 29, daun kelor dideskripsikan sebagai tanaman yang menyejukkan dan menyenangkan hati. Ciri-ciri tumbuhan kelor yang sejuk ini disebutkan sebagai tanaman yang sengaja diciptakan oleh Allah SWT untuk menjengkelkan hati orang-orang kafir dan meneduhkan hati orang-orang beriman.

"...Demikianlah sifat-sifat mereka dalam taurat dan sifat-sifat mereka dalam injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman ini menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mu'min)..." (QS. Al Fath ayat 29).

Selain manfaatnya dalam Alquran, 6 manfaat daun kelor berikut juga telah teruji secara klinis:

Manfaat Daun Kelor Sebagai Superfood Kaya Khasiat SehatFoto: Getty Images/iStockphoto/didoi

1. Mengendalikan Hormon

Bubuk daun kelor yang dikonsumsi secara rutin selama tiga bulan dapat meredakan stres oksidatif yang memengaruhi kestabilan hormon di dalam tubuh. Daun kelor yang diseduh menjadi teh juga dapat membantu memperbaiki gula darah dan kadar hemoglobin agar menjadi lebih baik.

Bahkan dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Food and Science Technology menemukan bahwa kemampuan teh daun kelor dapat membantu perempuan dewasa yang telah memasuki usia menopause. Kemampuan pengendalian hormon ini daun kelor ini bahkan dikatakan mampu meningkatkan kesehatan tiroid.

2. Menjaga Kesehatan Liver

Liver dibutuhkan untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Liver berfungsi untuk menyaring darah, mengeluarkan racun-racun kimia serta metabolisme lemak berlebih dalam tubuh. Kemampuan liver ini bisa berfungsi dengan efektif melalui bantuan daun kelor.

Daun kelor memiliki konsentrasi polifenol yang tinggi dan dapat memperbaiki oksidasi di dalam liver. Penelitian secara ilmiah juga menemukan bahwa konsumsi daun kelor dapat mengurangi fibrosis liver dan mencegah kerusakan pada liver.

Baca juga: Manfaat Daun Kelor SebagaiSuperfood Kaya Khasiat Sehat

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Gelar Lomba Masak Daun Kelor, Istri Gibran: Ada Edukasinya"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com