Hari Kucing Sedunia, Kucing Juga Punya Makanan Halal dari Daging Kambing

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 09 Agu 2021 12:00 WIB
Makanan kucing halal pertama di dunia
Foto: iStock
Jakarta -

Di Hari Kucing Sedunia perhatian soal makanan kucing juga jadi sorotan. Kucing juga punya makanan halal dari ayam hingga daging kambing.

Umat muslim diharuskan untuk mengonsumsi makanan halal, sesuai ajaran agama Islam. Seperti daging sapi, daging kambing, daging ayam, dan aneka seafood. Saat makan di restoran atau membeli makanan kemasan juga ada baiknya mengecek soal sertifikasi halalnya.

Tapi ternyata ada makanan halal untuk kucing yang mulai diperhatikan oleh pencinta kucing. Dilansir dari Daily Mail (8/8),makanan kucing halal ini pertama kalinya hadir di dunia. Dijual pertama kali di Inggris. Namun, para cendekiawan Islam di Inggris mempertanyakan soal mengapa kucing (hewan peliharaan) perlu mengonsumsi makanan halal.

Baca Juga: 5 Aksi Suami Protes Masakan Istri Ini Bikin Netizen Ikut Emosi

Makanan kucing halal pertama di duniaMakanan kucing halal pertama di dunia Foto: dok. Tiana Halal Cat Food

Tiana, adalah perusahaan yang menawarkan makanan kucing halal itu. Perusahaan yang berbasis di Manchester, Inggris itu kini sedang dalam pembicaraan lanjutan dengan beberapa pet shop terkemuka di inggris untuk menjual makanan kucing halal tersebut di bulan depan (September).

Tiana akan menjadi makanan kucing halal pertama di dunia. Ternyata makanan kucing halal ini sudah mulai diedarkan untuk percobaan dengan harga £7 (Rp 139 ribu).

Makanan kucing halal ini terbuat dari daging ayam, ikan, dan daging kambing. Makanan kucing yang dirilis oleh Tiana ini sudah mendapatkan sertifikat halal.

Makanan kucing halal pertama di duniaMakanan kucing halal pertama di dunia Foto: dok. Tiana Halal Cat Food

Baca Juga: Muslim Boleh Makan Babi Asalkan Berada dalam Kondisi Ini

Tiana menawarkan makanan kucing halal ini bukan tak melalui pertimbangan, mereka mempertimbangkan pemilik kucing dan kucingnya tersebut. Tiana mengklaim kalau ada lebih dari 500 ribu pemilik kucing muslim di Inggris dan banyak yang ingin memberi makan kucing mereka dengan makanan halal.

Makanan kucing halal ini menimbulkan kehebohan di Inggris. Karena ini pertama kalinya dan dianggap aneh. "Ini aneh, ini pertama kalinya saya mendengarnya," ujar Syekh Ibrahim Moga, seorang imam dari Leicester, Inggris.

Makanan kucing halal pertama di duniaMakanan kucing halal pertama di dunia Foto: iStock

Dr Usama Hasan, seorang cendekiawan Islam, mengatakan bahwa dirinya mengetahui beberapa Muslim konservatif yang memberikan kucing mereka dengan makanan halal. "Ini bisa menjadi bisnis besar. Mereka bisa mengumpulkannya," katanya.

Diketahui kalau kemarin (8/8) diperingati seabgai Hari Kucing Sedunia. Tak ada salahnya untuk memberikan kucing peliharaan dengan makanan yang berkualitas.

Baca Juga: Cicip Makanan Kucing Pakai Nasi, Pria Ini Bilang Rasanya Gurih



Simak Video "Menjajal Kesegaran Air Mata Kucing dari Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)