Kangen Ayam Geprek, Wanita Ini Bikin KFC Geprek di Belanda

Devi Setya - detikFood Senin, 09 Agu 2021 11:00 WIB
Kangen Ayam Geprek, Wanita Ini Bikin KFC Geprek di Belanda Foto: tiktok @oktamenue
Jakarta -

Ayam geprek dengan sambal uleg yang pedas nendang memang menggoda selera. Di Belanda, wanita ini membuat KFC geprek untuk menebus kangen.


Makanan jadi salah satu yang dirindukan saat berada jauh dari tanah air. Seperti wanita Indonesia yang kini tinggal di Belanda. Saat rindu ayam geprek, ia membuatnya menggunakan ayam goreng KFC.

Wanita bernama Okta ini merekam pengalamannya saat membuat ayam geprek darurat. Ia yang menikah dengan warga Belanda menjadikannya harus tinggal dan menetap di Belanda. Tentu mencari ayam geprek di Belanda sangatlah sulit.

Kangen Ayam Geprek, Wanita Ini Bikin KFC Geprek di BelandaKangen Ayam Geprek, Wanita Ini Bikin KFC Geprek di Belanda Foto: tiktok @oktamenue

Lewat akun tiktoknya @oktamenue, ia menunjukkan cara mengobati rasa rindunya dengan ayam geprek. Bermodal ayam goreng tepung dari KFC, Okta mulai meracik sambalnya. Ia mencampur cabai rawit, bawang putih, garam, gula dan sedikit kaldu jamur yang kemudian diuleg hingga halus.

Sambal ini kemudian diguyur minyak panas lalu Okta mengambil sepotong ayam dan menghancurkannya di atas ulekan. Beruntung Okta memiliki cobek batu yang selalu diandalkan saat kangen makan sambal.

"How I, as Indonesian, eat KFC in The Netherlands. The identity ia changed from fried chicken to ayam geprek," tulis Okta pada postingan videonya (22/7).

Tak hanya membuat ayam geprek, Okta juga melengkapinya dengan nasi dan lalapan. Sekilas persis ayam geprek yang disajikan di Indonesia.

Video yang sudah disaksikan lebih dari 280 ribu kali ini kemudian mengundang banyak komentar. Beberapa netizen berfokus pada cabai dan cobek milik Okta. Namun tak sedikit juga yang bertanya soal rasanya.

"Sepupu saya tinggal di groningen, dia kl ke kfc bawa sambel belibis sm magic com dr rumah. berasa piknik," kata netizen.

"Disana juga ada cabe setan kakak? Untung nya ada ya, jd masih bisa pedes pedesan," sahut netizen lain.

Kangen Ayam Geprek, Wanita Ini Bikin KFC Geprek di BelandaKangen Ayam Geprek, Wanita Ini Bikin KFC Geprek di Belanda Foto: tiktok @oktamenue

Kepada detikcom, Okta mengaku memang kerap kangen dengan makanan Indonesia. Ia beberapa kali membuatnya sendiri di Belanda.

"Belanja bahannya di supermarket Asia. Ada bahan-bahan Indonesia. Cobek juga beli di sana. Kalau sambal geprek ini nggak suka saya kalo masih mentah jadi di goreng dulu sampai layu, itu hot oil nya bekas goreng cabenya," kata Okta (7/8).

Video saat Okta membuat nasi goreng dan rendang pun banyak mendapat tanggapan netizen. Okta juga beberapa kali membuat video saat suami dan kerabatnya yang orang Belanda mencicip snack asli Indonesia.



Simak Video "Masak Masak: Resep Burger Isi Ayam Geprek Double"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com