Cerita Wawan yang Bagikan 500 Porsi Ayam Geprek Gratis untuk Pasien Isoman

Yudha Maulana - detikFood Senin, 12 Jul 2021 18:30 WIB
Gerai Ayam Geprek Juara Bagikan Makanan Gratis untuk Penderita Covid-19 yang Isolasi Mandiri Foto: dok. Ayam Geprek Juara
Bandung -

Pernah merasakan sulitnya mencari makanan saat isolasi mandiri (isoman) karena terpapar COVID-19, membuat Wawan Carwan bergerak untuk membantu sesama agar tak mengalami kejadian yang dialaminya.

Pemilik gerai Ayam Geprek Juara area Priangan Timur kini rutin menyediakan lebih dari 500 paket makanan berisi ayam goreng, nasi, sayur mayur dan sambal setiap harinya. Paket makanan itu dibagikan kepada warga yang melakukan isoman yang membutuhkan selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Bermula karena saya isoman, agak sulit juga untuk mencari makan siang atau makanan sehari-hari sehingga makan enggak bisa karena tidak bisa keluar. Akhirnya setelah saya sembuh, saya ingin mencoba membantu menggerakan teman-teman di restoran," tutur Wawan saat dihubungi detikcom, belum lama ini.

Ia kemudian membuat pengumuman digital bahwa restorannya menyediakan paket makanan gratis untuk pasien yang melakukan isoman. Saat ini terdapat 11 outlet milik Wawan yang tersebar di Bandung, Tasikmalaya, Banjar, Pangandaran dan Kuningan yang siap membagikan paket makanan.

Gerai Ayam Geprek Juara Bagikan Makanan Gratis untuk Penderita Covid-19 yang Isolasi MandiriGerai Ayam Geprek Juara Bagikan Makanan Gratis untuk Penderita Covid-19 yang Isolasi Mandiri Foto: dok. Ayam Geprek Juara

"Bagi yang mau mengajukan bisa menghubungi nomor WhatsApp dan harus menyertakan hasil tes Covid. Sejak kita buka, hampir 1.000 orang yang masuk tapi kami skrining dulu. Saya pengin bantu niatkan untuk yang tidak mampu dari segi ekonomi, tapi ketika diberi edukasi ada yang lanjut ada yang tidak permohonannya," kata Wawan.

Proses seleksi dan pengajuan makanan dilakukan tiap pukul 07.00 hingga pukul 09.00 WIB, kemudian jam 13.00 hingga pukul 15.00 WIB paket makanan yang telah dikemas dikirimkan ke penerima tanpa biaya apa pun, maksimal warga yang mengajukan paket ayam geprek berada dalam radius 10 kilometer dari outlet terdekat.

"Paketnya dikirimkan ke teman-teman outlet atau dikirim via Gosend, biayanya kita yang tanggung. Makanya saya harapkan yang menerima itu yang benar-benar tidak mampu, mudah-mudahan rezeki lancar selama PPKM ini," katanya.

Gerai Ayam Geprek Juara Bagikan Makanan Gratis untuk Penderita Covid-19 yang Isolasi MandiriGerai Ayam Geprek Juara Bagikan Makanan Gratis untuk Penderita Covid-19 yang Isolasi Mandiri Foto: dok. Ayam Geprek Juara

Wawan mengakui saat PPKM Darurat ini omzet penjualan ayam gepreknya turun drastis, tetapi ia bersyukur ada sejumlah investor dan donatur yang rutin memberikan bantuan terhadap aksi sosialnya.

"Bahkan kalau dihitung-hitung donasi yang masuk dan yang dikeluarkan untuk paket itu seimbang juga," katanya.

"Saya bolehkan mereka yang order tiap hari kalau enggak bosen," kata Wawan melanjutkan.

Ia berharap pandemi ini bisa segera berakhir, dan warga yang mampu secara finansial bisa menduplikasi aksi sosial serupa. "Bagi teman-teman yang mampu bisa lirik kiri dan kanan, apabila ada saudara atau tetangga yang membutuhkan. Karena kondisi ini sulit bagi kita semua, jadi saling berbagi dan gotong royong," pungkasnya.



Simak Video "Masak Masak: Resep Burger Isi Ayam Geprek Double"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com