Lays, Doritos dan Cheetos Indonesia Berhenti Produksi, Akan Ganti Kemasan?

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 08 Agu 2021 09:30 WIB
Lays, Doritos dan Cheetos Akan Berhenti Produksi, Milenial : Please Jangan Pergi! Foto: instagram @laysindonesia/ @cheetos_indonesia
Jakarta -

Tiga camilan ternama, Lays, Doritos dan Cheetos dikabarkan akan berhenti produksi di Indonesia. Bersamaan dengan itu isu ganti kemasan tiga produk ini juga muncul. Benarkah?

Di media sosial tengah ramai diperbincangkan terkait tiga merek makanan ringan yang akan berhenti produksi di Indonesia. Lays, Doritos dan Cheetos, makanan ringan yang banyak penggemarnya ini justru dikabarkan akan segera absen dari deretan camilan di Indonesia.

Hal tersebut berkaitan dengan penjualan saham minoritas oleh PT Indofood Fritolay Makmur kepada PT Indofood CBP Sukses Makmur. Perjanjian penjualan saham tersebut membuat Fritolay harus menghentikan produksinya paling lambat enam bulan sejak transaksi tersebut berlangsung.

Diketahui bahwa transaksi penjualan saham tersebut terjadi pada tanggal 17 Februari 2021 dan jika dihitung-hitung makan tepat pada peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2021, ketiga merek camilan Lays, Doritos dan Cheetos akan resmi berhenti diproduksi. Tetapi kabarnya pemberhentian produksi ini juga hanya untuk sementara yakni tiga tahun setelah masa transisi kepemilikan saham tersebut berakhir.

Kemasan Baru Lays, Doritos dan CheetosKemasan Baru Lays, Doritos dan Cheetos Foto: Istimewa

Sebagai merek camilan yang banyak penggemar, pemberhentian produksi Lays, Doritos dan Cheetos ini cukup meresahkan penggemarnya terutama para millenials. Kabar terkait pemberhentian produksi ini bahkan marak diperbincangkan di media sosial hingga isu akan ada kemasan baru ketiga merek camilan tersebut.

Baca juga: Lays, Doritos, dan Cheetos Bakal Pamit Akhir Agustus 2021, Ini Faktanya

Mengutip akun Twitter @txtdrkuliner (6/8) cuitan terkait berhentinya produksi Lays, Doritos dan Cheetos ini dipenuhi oleh respon warganet. Salah satu balasan terkait cuitan tersebut menyebutkan isu terkait pergantian kemasan ketiga merek camilan tersebut.

"Ini gantinya kali di Indomaret," tulis akun @Arphan07 yang juga mengunggah perbedaan kemasan yang mungkin terjadi pada ketiga merek camilan ternama itu.

Perubahan nama produk juga terlihat mengalami pergantian. Ada Doritos yang akan berubah menjadi Maxcorn, Lays yang akan berganti nama menjadi Chitato Lite hingga Cheetos yang namanya akan berubah menjadi Chiki Twist.

Kemasan Baru Lays, Doritos dan CheetosKemasan Baru Lays, Doritos dan Cheetos Foto: Instagram/rolldepan

Isu pergantian kemasan ini juga ramai diperbincangkan melalui unggahan akun Instagram @rolldepan sejak (5/8). Perubahan kemasan untuk Doritos menjadi Maxcorn diisukan akan berganti pada minggu pertama bulan Agustus 2021, Lays menjadi Chitato Lite pada minggu ketiga dan Cheetos yang berubah menjadi Chiki Twist akan menyusul pada minggu kedua bulan September 2021.

Sebagai camilan yang banyak digemari oleh anak-anak di awal tahun 2000-an perubahan ini mendapatkan banyak respon. Banyak sekali yang mengaku kecewa akibat pemberhentian produksi dan perubahan yang terjadi pada camilan ringan yang legendaris ini.

Kemasan Baru Lays, Doritos dan CheetosKemasan Baru Lays, Doritos dan Cheetos Foto: TikTok/honeyfunyyyy

Ungkapan kekecewaan akan pemberhentian produksi Lays, Doritos dan Cheetos ini juga banyak disampaikan oleh warganet melalui berbagai media sosial. Salah satunya melalui unggahan video pengguna TikTok @honeyfunnyyyy (7/8) yang mengungkapkan kekecewaannya terhadap pemberhentian dan pergantian kemasan produk camilan ringan ini.

"Nangis banget ditinggal snack (camilan) favorit gw," tulis akun @honeyfunnyyyy pada kolom caption.

Saat dilihat oleh detikcom pada (8/8) unggahan tersebut bahkan berhasil menarik perhatian hingga lebih dari 454 ribu pengguna TikTok. Balasan dari warganet yang terlihat pada kolom komentar unggahan tersebut juga banyak yang menujukkan kekecewaannya akan hilangnya tiga merek camilan tersebut dari Indonesia.

"Gw udah borong Doritos sama Lays sebelum pergi dari Indo nyetok dulu yekan," tulis akun @whyidklolz.

"Gua gabisa hidup tanpa cheetos puff. Nyesek buka shopee ada pemberitahuan penjualan bulan terakhir," tulis akun @dionn080.

Baca juga: Wow! Cheetos Bentuk Arnold Schwarzenegger Ini Dijual Rp 144 Juta



Simak Video "Selamat Tinggal! Cheetos, Lays dan Doritos Tak Lagi Dijual di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com