Makan di Restoran Sampai Rp 70 Juta, Pria Ini Dihujat Karena Tak Mau Beri Tip

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 08 Agu 2021 11:00 WIB
Seorang pelanggan meninggalkan tip untuk restoran di Amerika yang terdampak pandemi COVID-19. Jumlahnya sangat tinggi mencapai Rp 95 juta! Foto: dok. guard and grace , iStock
Jakarta -

Pria ini habiskan uang sekitar Rp 70 juta untuk sekali makan. Tetapi ia ini justru dihujat banyak orang,karena tak mau membayar uang tip untuk pelayan restoran yang melayaninya.

Makan di restoran mahal memang sudah dikenakan biaya layanan sesuai dari jumlah tagihan yang dibayarkan. Tapi pemberian uang tip, biasanya diberikan pengunjung sebagai bentuk terima kasih kepada para pelayan restoran yang melayani mereka selama makan.

Baca Juga: Tahun Baru, Pelayan Restoran Ini Dapat Uang Tip Rp 28 Juta

Namun berbeda dengan pengusaha muda bernama Enrique Moris. Sering pamer kehidupan mewahnya di media sosial, baru-baru ini pialang saham itu dihujat netizen dan dicap pelit karena curhatannya sendiri.

Dilansir dari Daily Mail UK (04/08), Moris mengunggah foto tagihan restorannya di area Costa del Sol, Spanyol. Pria itu membayar sekitar £3,500 (Rp 70 juta), setelah makan bersama delapan temannya.

Makan di Restoran Sampai Rp 70 Juta, Pria Ini Dihujat Karena Tak Mau Beri  TipMakan di Restoran Sampai Rp 70 Juta, Pria Ini Dihujat Karena Tak Mau Beri Tip Foto: Daily Mail UK

Di sana ia memesan 13 gelas bir, 8 burger dengan daging wagyu, minuman bersoda, kopi, taco hingga yang paling mahal. termasuk Magnum Dom Perignon Champagne seharga EUR 1000 (Rp 17 juta).

Ia juga membayar biaya layanan restoran sebanyak EUR 372 atau sekitar Rp 6,3 juta. Namun, ia merasa tak berkewajiban untuk memberikan tip tambahan kepada pelayan di sana, karena merasa sudah membayar layanan restoran sebanyak itu.

Ia kesal karena ada pelayan yang dengan kasarnya meminta uang tip, ketika mereka akan meninggalkan restoran itu.

"Ini di Marbella, mirip seperti di Ibiza. Isinya penipu semua," kritiknya di akun Twitter miliknya.

Namun alih-alih mendapatkan dukungan dari netizen, Moris justru dicerca dan dikritik karena dianggap pelit. Ditambah Moris membawa 8 orang temannya untuk makan di sana, dan makanan yang mereka pesan juga tidak sedikit.

"Dasar kampungan, mana ada menghabiskan uang sebanyak itu hanya untuk makan burger bareng champagne. Kalau benar orang kaya, pasti menu yang dipesan bukan burger," kritik netizen.

Makan di Restoran Sampai Rp 70 Juta, Pria Ini Dihujat Karena Tak Mau Beri  TipMakan di Restoran Sampai Rp 70 Juta, Pria Ini Dihujat Karena Tak Mau Beri Tip Foto: Daily Mail UK

"Apa yang kamu inginkan? Mendapatkan dukungan dari netizen? Memang orang kaya baru itu selalu lebih bodoh, dibandingkan orang yang terlahir kaya," cerca netizen lainnya.

"Saya tahu area Marbella. Banyak tempat makan yang lebih ekslusif dan enak dibandingkan tempat ini. Misalnya makan di Puerto Banus, di mana kita bisa makan enak dan mewah dengan harga 10 kali lebih murah dari ini," komen netizen.

Meski dicerca dan dihujat karena tidak mau meninggalkan tip di restoran itu. Tapi Moris tak ambil pusing, meski ia dicap sebagai orang kaya baru yang norak.

Banyak juga netizen yang ikut membela Moris. Bahwa tidak seharusnya pelayan restoran memaksa pengunjung memberikan mereka uang tip. Karena uang tip itu merupakan uang bonus yang dari pengunjung yang tidak bisa dipaksakan.

"Tujuan saya mengunggah foto bill ini, untuk memulai perdebatan di mana masuk dalam strategi marketing di media sosial. Tapi orang-orang di sini justru membicarakan makanan secara berlebihan," pungkas Moris.

Baca Juga: Joget Saat Antarkan Makanan, Kurir Ini Diberi Uang Tip Ratusan Ribu



Simak Video "Bikin Laper: Kesegaran Sop Buah Duren Pak Ewok yang Terkenal Enak"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com