Ayam Hitam Terbesar di Dunia Ini Beratnya Capai 9 Kilogram

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 07 Agu 2021 08:00 WIB
Ayam Hitam Terbesar di Dunia Ini Beratnya Capai 9 Kilogram Foto: Instagram /Site News
Jakarta -

Sudah ada sejak abad 19, jenis ayam terbesar di dunia ini tampak sangar dengan bulu hitamnya. Meskipun ayam ini disebut sangat jinak, dan dulunya diternak untuk pengganti kalkun.

Dipercaya sudah ada sejak 10 ribu tahun yang lalu, ayam jenisnya cukup banyak begitu juga ukurannya. Hampir setiap negara memiliki ciri khas jenis ayam masing-masing.

Baca Juga: Tak Hanya di Indonesia, Ayam Hitam Cemani Juga Populer dan Mahal di India

Dilansir dari Oddity Central (06/08), jenis ayam yang satu ini dikenal dengan nama 'The Jersey Giant'. Jenis ayam yang satu ini disebut paling besar dan terberat di dunia.

Pertama kali diciptakan pada abad 19, oleh John dan Thomas Black di New Jersey, Amerika . Dulu Jersey Giant diciptakan khusus untuk menggantikan kalkun, yang sangat populer dan paling banyak dikonsumsi oleh orang-orang saat itu.

Ayam Hitam Terbesar di Dunia Ini Beratnya Capai 9 KilogramAyam Hitam Terbesar di Dunia Ini Beratnya Capai 9 Kilogram Foto: Instagram /Site News

Ciri khas dari Jersey Giant ini terletak pada bulunya yang hitam legam, dan tampilannya yang mirip seperti ayam broiler atau ayam negeri. Hanya saja ukurannya jauh lebih besar.

Jersey Giant merupakan persilangan antara ayam jenis Black Javas dan Blac Langshans serta Dark Brahmas. Ketiga ayam ini memang memiliki tubuh yang besar, dan sengaja diciptakan agar orang-orang pada saat itu memiliki alternatif pengganti daging kalkun.

Karena ukurannya yang sangat besar, Jersey Giant sering diternak dengan pakan untuk ayam broiler. Namun karena masa pertumbuhannya yang lebih lambat dibandingkan ayam lainnya, di era sekarang daging ayam Jersey Giant sudah jarang dikonsumsi.

Nama Jersey Giant, diambil dari New Jersey tempat ayam sangar ini berasal. Rata-rata ukuran ayam ini bisa mencapai 26 cm, dengan berat mencapai 6,8 kg hingga 9 kg per ekornya.

Ayam Hitam Terbesar di Dunia Ini Beratnya Capai 9 KilogramAyam Hitam Terbesar di Dunia Ini Beratnya Capai 9 Kilogram Foto: Instagram /Site News

Tak heran ayam ini disebut paling besar dan berat di dunia. Meskipun saudara kembarnya, ayam Brahma bisa mencapai ukuran yang sama namun hal itu sangat jarang terjadi. Apalagi di masa lampau, ayam ini ukuran besarnya bisa berkali-kali lipat dari yang sekarang.

Meski tampak sangar dan menakutkan karena bulu hitam dan ukurannya yang besar. Ada sebutan lain untuk ayam ini yaitu 'Raksasa Jinak', karena memang ayam ini sangat jinak bahkan ramah dan tidak pernah menyerang orang atau ayam lainnya.

Di masa sekarang, Jersey Giant mungkin sudah tidak populer untuk dimakan. Tapi tren memelihara ayam jinak ini sebagai hewan peliharaan terus meningkat setiap tahunnya.

Selain Jersey Giant, ada juga jenis ayam Serama yang diternak khusus untuk diikutkan lomba. Bahkan postur tubuhnya menyerupai binaragawan profesional.

Baca Juga: Bukan untuk Dimakan, Ayam Ini Diternak Buat Jadi Model Binaragawan



Simak Video "Menikmati Lezatnya Ayam Panggang Kuliner Khas Wonogiri"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com