Mie Paling Endes

 Ini 5 Mie Paling Endes dari Jepang, Somen hingga Chmapon!

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 06 Agu 2021 13:30 WIB
Ini 5 Mie Paling Endes dari Jepang, Somen hingga Champon! Foto: Site News/Site Recipes
FOKUS BERITA Mie Paling Endes
Jakarta -

Surganya para pecinta mie, Jepang memiliki beragam hidangan mie tradisional yang enak. Seperti somen yang lembut hingga champon yang kenyal.

Jika membicarakan racikan mie yang paling endes atau enak di Jepang, pasti banyak orang yang langsung menyebutkan ramen. Memang ramen merupakan hidangan mie terpopuler di Jepang, yang digemari banyak orang dan sudah jadi makanan yang mendunia.

Tapi selain ramen, Jepang juga memiliki aneka mie yang enak. Seperti mie somen, yang teksturnya sangat tipis dan biasanya disajikan secara dingin saat musim panas.

Tak ketinggalan mie champon, mie asal Nagasaki yang biasanya ditumis dengan aneka seafood, potongan daging, dan kuah kaldu kental dari tulang ayam atau babi.

Dilansir dari Go Go Nihon (04/08), berikut lima mie paling endes dari Jaepang yang wajib untuk dicoba pecinta mie.

Baca Juga: Diadaptasi dari China, Kini Racikan Mie di Asia Makin Enak dan Beragam

1. Champon

Ini 5 Mie Paling Endes dari Jepang, Somen hingga Champon!Ini 5 Mie Paling Endes dari Jepang, Somen hingga Champon! Foto: Thetummytrin

Sekilas bentuknya mirip seperti udon. Champon merupakan mie tradisional asal Nagasaki yang digemari banyak orang. Ciri khas Champon terletak pada kuah kaldunya yang kental, serta isiannya yang melimpah mulai dari aneka seafood sampai potongan daging.

Champon ini banyak versinya, ada yang versi Korea hingga China. Karena sebenarnya mie ini terinspirasi dari kuliner China. Hidangan mie rebus ini tak lepas dari peran kaldu tulang ayam dan babi yang gurih dan meresap ke bagian mie.

Popularitas Champon di Nagasaki sudah ada sejak tahun 1900-an. Saat itu banyak pelajar dari China yang datang ke Jepang untuk sekolah, Champon kemudian dipilih jadi makanan yang enak, mengenyangkan dan murah untuk para pelajar.

2. Somen

Ini 5 Mie Paling Endes dari Jepang, Somen hingga Champon!Ini 5 Mie Paling Endes dari Jepang, Somen hingga Champon! Foto: Site News/Site Recipes

Saat musim panas, orang-orang di Jepang tetap makan mie, meski kuahnya tak lagi hangat. Hidangan mie dingin ini disebut Somen, teksturnya lebih tipis dan kecil dibuat menggunakan tepung gandum.

Somen disajikan secara sederhana, di mana mie direndam dalam air es setelah direbus. Kemudian dicelupkan ke dalam tsuyu, dan saus khas Jepang yaitu katsuobushi. Agar rasanya lebih enak, orang Jepang suka meracik saus tambahan dari campuran bawang, jahe atau myoga.

Banyak juga yang menyantap somen di dalam bambu panjang yang mengalir. Orang-orang hanya perlu menangkap mie Somen yang meluncur menggunakan sumpit, dan memakannya. Aktivitas seru ini cukup populer saat musim panas di sana.

3. Hiyamugi

Ini 5 Mie Paling Endes dari Jepang, Somen hingga Champon!Ini 5 Mie Paling Endes dari Jepang, Somen hingga Champon! Foto: Site News/Site Recipes

Serupa tapi tak sama, banyak orang yang menyangka bahwa Hiyamugi merupakan saudara kembar dari Somen. Bentuknya memang mirip dengan Somen, hanya saja tekstur mie Hiyamugi jauh lebih tebal dan kenyal.

Bisa dibilang Hiyamugi merupakan bihunnya orang di Jepang. Hiyamugi dibuat menggunakan tepung gandum yang sehat.

Untuk penyajiannya, orang-orang Jepang memasaknya mirip seperti udon atau somen. Bisa disajikan secara dingin atau hangat.

4. Yakisoba

Ini 5 Mie Paling Endes dari Jepang, Somen hingga Champon!Ini 5 Mie Paling Endes dari Jepang, Somen hingga Champon! Foto: Site News/Site Recipes

Popularitasnya setara dengan udon dan ramen, Yakisoba ini merupakan mie goreng ala Jepang yang bisa ditemukan di restoran kaki lima hingga bintang lima. Mie endes yang satu ini cukup banyak penggemarnya di Indonesia, apalagi tren warung Jepang kaki lima yang belakangan tengah viral.

Menu utama untuk membuat yakisoba adalah tepung terigu bukan tepung gandum seperti yang lainnya. Yakisoba biasanya ditumis dengan irisan sayuran segar seperti kol, wortel, bawang bombay dan lainnya.

Rasanya gurih manis, dengan tambahan isian seperti udang, daging ayam, jamur shitake hingga olahan saus yakisobanya yang melekat di lidah.

5. Udon

udonudon Foto: iStock

Diolah dari tepung gandum, udon sejak dulu digunakan dalam berbagai hidangan khas Jepang. Udon masuk ke dalam kategori 'comfort food' atau makanan yang disukai banyak orang, karena kemudahannya diolah menjadi berbagai masakan.

Untuk versi sederhananya, udon kerap disajikan dengan kuah kaldu hangat enak yang disebut kekjiru. Dibuat dari campuran dashi, kecap asin dan tambahan mirin. Lengkap dengan tambahan daun bawang, atau kamaboko.

Sementara itu kreasi lainnya ada Kitsune Udon, yang disajikan dengan kremesan dari sisa gorengan tempura yang krispi. Kemudian untuk lauknya ada juga tambahan kakiage, sejenis tempura sayuran yang mirip dengan bakwan sayur di Indonesia.

Baca Juga: Ini 5 Mie Instan Populer Jepang yang Bisa Dibeli di Indonesia

(sob/odi)
FOKUS BERITA Mie Paling Endes

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com