ADVERTISEMENT

Mie Paling Endes

5 Manfaat Shirataki, Turunkan Berat Badan dan Kolesterol

Devi Setya - detikFood
Jumat, 06 Agu 2021 10:30 WIB
5 Manfaat Shirataki, Turunkan Berat Badan dan Kolesterol
Foto: Getty Images/iStockphoto/Eleonora Tuveri

4. Shirataki menurunkan kolesterol

Serat glukomanan yang terdapat dalam shirataki dapat membantu menurunkan kolesterol dengan mendorong hati untuk melepaskan empedu yang mengandung kolesterol. Nantinya kolesterol akan dikeluarkan oleh tubuh melalui buang air besar.

Penelitian The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi sekitar 3 gram serat glukomanan setiap hari membuat penurunan 10% kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL).

5 Manfaat Shirataki, Turunkan Berat Badan dan Kolesterol5 Manfaat Shirataki, Turunkan Berat Badan dan Kolesterol Foto: Getty Images/iStockphoto/Eleonora Tuveri

5. Membantu menurunkan berat badan

Shirataki sangat rendah karbohidrat. Inilah yang membuat pelaku diet keto memilih shirataki sebagai asupan karbo. Shirataki bisa dikombinasikan dengan berbagai makanan rendah karbo lain seperti kembang kol, zucchini, atau labu. Orang juga bisa menggunakan shirataki sebagai pengganti nasi, pasta, dan mie.


Serat glukomanan dalam shirataki juga berperan sebagai prebiotik. Prebiotik adalah zat yang memberi makan bakteri menguntungkan di usus besar. Dalam International Journal of Biological Macromolekules mencatat bahwa glukomanan tidak terurai di perut, sehingga dapat menjadi sumber makanan bagi flora usus.

Para ilmuwan mulai memahami bagaimana bakteri usus mempengaruhi kesehatan manusia. Bakteri baik ini sangat penting untuk pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Serat dalam shirataki juga membantu melancarkan buang air besar secara teratur sehingga bisa menghindari resiko perut buncit.

Namun perlu diperhatikan, meskipun shirataki rendah kalori dan karbohidrat, mie ini hampir tidak mengandung vitamin atau mineral jadi pastikan mengonsumsi shirataki dengan sumber makanan lain misalnya ikan, ayam atau daging.



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/dvs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT