Mie Paling Endes

5 Manfaat Shirataki, Turunkan Berat Badan dan Kolesterol

Devi Setya - detikFood Jumat, 06 Agu 2021 10:30 WIB
5 Manfaat Shirataki, Turunkan Berat Badan dan Kolesterol Foto: Getty Images/iStockphoto/Eleonora Tuveri
FOKUS BERITA Mie Paling Endes
Jakarta -

Shirataki adalah mie asal Jepang yang saat ini populer hampir di seluruh dunia. Mie ini terkenal sehat dan digandrungi para pelaku diet karena bikin langsing.

Para pelaku diet rendah karbohidrat pasti familiar dengan mie satu ini. Ya, shirataki jadi makanan para pelaku diet yang berniat menurunkan berat badan karena kandungan karbo dalam mie ini terbilang rendah.

Dilansir dari Medical News Today (3/8) shirataki adalah olahan mie yang terbuat dari bahan baku ubi konjak. Tak heran kalau beberapa orang menyebut shirataki sebagai mie konjak.

Shirataki termasuk sumber karbohidrat dengan kalori yang rendah jadi bisa jadi makanan mengenyangkan namun tak membuat gemuk. Apalagi shirataki juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan enak.

Berikut beberapa manfaat sehat shirataki, turunkan berat badan dan kolesterol.

1. Terbuat dari pati ubi konjak


Para produsen shirataki membuat mie ini dengan mengekstrak pati dari ubi konjak. Kemudian pati ini dicetak menjadi bentuk balok bertekstur kenyal. Balok ini disebut "konnyaku."

Orang Jepang biasa makan konnyaku sebagai lauk pauk nabati pengganti daging. Teksturnya kenyal empuk mirip agar-agar. Diolah menjadi bubuk konnyaku untuk dessert, dibuat mie untuk beragam hidangan dan beras shirataki untuk pengganti beras biasa.

Shirataki mengandung pati glukomanan. Di dalam sistem pencernaan, glukomanan bertindak seperti serat makanan sehingga berfungsi melancarkan sistem pencernaan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Mie Paling Endes
FOKUS BERITA Mie Paling Endes

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com