Mie Paling Endes

5 Mie Enak dari Sumatera, Ada Mie Gomak hingga Mie Lendir

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 04 Agu 2021 16:30 WIB
Hidangan Mie Khas Sumatera Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Mie Paling Endes
Jakarta -

Tiap daerah punya makanan khas masing-masing, termasuk hidangan mie enak khas Sumatera ini. Ada mie celor hingga mie lendir yang kelazatannya bikin nagih!

Mie menjadi salah satu sumber karbohidrat yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Berbeda dengan mie yang banyak disajikan di daratan China, mie di Indonesia cenderung diolah dengan bumbu yang lebih berempah.

Indonesia yang terdiri dari banyak kepulauan memiliki ciri khas kuliner yang juga berbeda-beda di setiap pulaunya. Salah satunya pulau Sumatera yang punya jagoan hidangan mie berempah dengan rasa gurih lezat yang bikin nagih.

Di Sumatera, hidangan mie mayoritas memiliki kuah yang cenderung kental berempah. Meski ada juga mie dengan kuah gurih bening menyegarkan. Hidangan mie asal Sumatera ini juga sudah cukup populer dan banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Berikut ini 5 jenis hidangan mie khas Sumatera yang kelezatannya patut dicoba:

Resep Mie Celor PalembangFoto: iStock

1. Mie Celor

Mie celor merupakan hidangan mie yang disajikan dengan campuran kuah santan dan kaldu ebi. Hidangan mie asal Palembang ini biasanya terbuat dari mie telur dengan bahan pelengkap berupa tauge, irisan telur rebus, seledri, daun bawang serta bawang goreng.

Mie khas Palembang ini cukup terkenal dan banyak disajikan di berbagai daerah, bahkan Jakarta sekalipun. Kenikmatan mie celor yang gurih ini membuat rasanya begitu melekat dan banyak penggemarnya.

Di Palembang sendiri, mie celor biasanya akan disajikan dan disantap pada saat sarapan. Kuahnya yang terbuat dari kaldu ebi atau udang ini membuat mie celor akan menjadi hidangan yang paling cocok bagi pencinta seafood terutama udang.

Baca juga: Diadaptasi dari China, Kini Racikan Mie di Asia Makin Enak dan Beragam

2. Mie Aceh

mie AcehFoto: dok. detikFood

Terbuat dari mie kuning basah membuat sajian mie Aceh punya tekstur yang kenyal dan segar. Kuah yang hangat dan berempah ini diracik denna beragam rempah yang membuatnya memiliki rasa begitu kuat. Jika kamu pencinta makanan pedas menambahkan irisan cabai rawit ke dalam racikan bumbu mie Aceh juga menjadi cara yang tepat.

Mie Aceh biasanya dilengkapi dengan beragam isian, mulai dari potongan daging ayam, seafood hingga irisan daging sapi tipis-tipis untuk menambah cita rasanya. Komposisi rempah, mie dan bahan pelengkapnya ini memiliki kandungan nutrisi yang baik karena mengandung karbohidrat dan protein serta mineral yang berasal dari rempah dengan sangat lengkap.

Mie Aceh disajikan dengan tiga cara pengolahan yaitu goreng, tumis dan kuah yang bisa disesuaikan dengan selera. Jika kamu penasaran untuk mencobanya, kamu bisa menyambangi kedai-kedai mie Aceh di ibu kota yang menawarkan racikan mie Aceh dengan rasa otentik.

3. Mie Gomak

Hidangan Mie Khas SumateraFoto: Istimewa

Berasal dari tanah Batak Toba, mie gomak punya ciri khas rasa pedas gurih yang terbuat dari campuran santan dan kaldu andaliman. Menggunakan mie kuning yang lebih besar, tak jarang mie gomak juga dijuluki sebagai spaghetti khas Batak karena bentuknya yang menyerupai pasta asal Italia tersebut.

Campuran andaliman menjadi ciri khas kearifan tanah Batak yang dimiliki mie gomak. Sebutan mie gomak ini konon berasal dari cara penyajiannya yang digomak-gomak atau digenggam dengan tangan. Padahal mie gomak sendiri tidak disajikan dengan genggaman tangan.

Mie gomak disajikan dengan dua cara yaitu dibuat seperti mie goreng maupun mie kuah. Mie gomak sangat cocok bagi para pencinta pedas karena rasa pedas dari campuran bumbuandaliman khas Batak ini tak boleh dilewatkan kenikmatannya.

4. Mie Bangka

mie ayam bangka untuk sarapanFoto: Instagram

Memiliki bentuk yang serupa dengan mie ayam, mie Bangka punya ciri khasnya sendiri yang ada pada racikan bumbu hingga bahan pelengkapnya. Jika dibandingkan dengan mie ayam yang banyak ditemui, mie Bangka cenderung memiliki rasa yang lebih gurih dengan rasa kaldu yang lebih kuat.

Mie Bangka biasanya disajikan bersama bakso sapi, pangsit rebus, pangsit goreng serta bakso ayam goreng. Mie Bangka yang asli juga akan dilengkapi dengan bawang putih goreng dan sambal tauco yang tidak dimiliki oleh jenis hidangan mie dari daerah lain.

Di Bangka, masyarakatnya biasa menambahkan potekan cabai rawit dan menambahkan perasan jeruk kunci untuk membuat mie Bangka semakin pedas dan segar. Dibuat dengan racikan kecap asin asli khas Bangka membuat rasa gurih dan asin yang dihasilkan pada semangkuk mie Bangka punya ciri khasnya sendiri dan banyak digemari.

5. Mie Lendir

Hidangan Mie Khas SumateraFoto: Istimewa

Disajikan dengan kuah kental berwarna cokelat membuat hidangan mie ini disebut mie lendir. Makanan khas Tanjungpinang, Kepulauan Riau ini kuahnya dibuat dari racikan yang berbeda dan tak biasa.

Kuah mie lendir dibuat dari kacang tanah dan ubi jalar yang membuat konsistensinya menjadi begitu kental. Dipadukan dengan mie kuning yang kenyal, rasanya semakin sempurna karena mie akan tetap kenyal tetapi menyerap bumbu kuah dengan sempurna.

Mie lendir biasanya akan disajikan bersama sebutir telur rebus yang menjadi sumber protein. Mie lendir yang gurih dan tidak terlalu pedas dengan kuah yang kental ini di daerah aslinya banyak dijajakan di kedai-kedai di Kota Batam. Namun tak perlu khawatir, jika penasaran ingin mencoba penjual mie lendir juga banyak yang berada di Jakarta dan daerah sekitarnya.

Baca juga: Dijemur hingga Ditarik, Ini 5 Mie Tradisional yang Populer di Dunia



Simak Video "Bergaya Bar Kontemporer, Resto Ini Punya Andalan Menu Mie Enak!"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)
FOKUS BERITA Mie Paling Endes

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com