Mie Paling Endes

5 Mie Enak dari Sumatera, Ada Mie Gomak hingga Mie Lendir

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 04 Agu 2021 16:30 WIB
Hidangan Mie Khas Sumatera Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Mie Paling Endes
Jakarta -

Tiap daerah punya makanan khas masing-masing, termasuk hidangan mie enak khas Sumatera ini. Ada mie celor hingga mie lendir yang kelazatannya bikin nagih!

Mie menjadi salah satu sumber karbohidrat yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Berbeda dengan mie yang banyak disajikan di daratan China, mie di Indonesia cenderung diolah dengan bumbu yang lebih berempah.

Indonesia yang terdiri dari banyak kepulauan memiliki ciri khas kuliner yang juga berbeda-beda di setiap pulaunya. Salah satunya pulau Sumatera yang punya jagoan hidangan mie berempah dengan rasa gurih lezat yang bikin nagih.

Di Sumatera, hidangan mie mayoritas memiliki kuah yang cenderung kental berempah. Meski ada juga mie dengan kuah gurih bening menyegarkan. Hidangan mie asal Sumatera ini juga sudah cukup populer dan banyak tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Berikut ini 5 jenis hidangan mie khas Sumatera yang kelezatannya patut dicoba:

Resep Mie Celor PalembangFoto: iStock

1. Mie Celor

Mie celor merupakan hidangan mie yang disajikan dengan campuran kuah santan dan kaldu ebi. Hidangan mie asal Palembang ini biasanya terbuat dari mie telur dengan bahan pelengkap berupa tauge, irisan telur rebus, seledri, daun bawang serta bawang goreng.

Mie khas Palembang ini cukup terkenal dan banyak disajikan di berbagai daerah, bahkan Jakarta sekalipun. Kenikmatan mie celor yang gurih ini membuat rasanya begitu melekat dan banyak penggemarnya.

Di Palembang sendiri, mie celor biasanya akan disajikan dan disantap pada saat sarapan. Kuahnya yang terbuat dari kaldu ebi atau udang ini membuat mie celor akan menjadi hidangan yang paling cocok bagi pencinta seafood terutama udang.

Baca juga: Diadaptasi dari China, Kini Racikan Mie di Asia Makin Enak dan Beragam

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bergaya Bar Kontemporer, Resto Ini Punya Andalan Menu Mie Enak!"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Mie Paling Endes
FOKUS BERITA Mie Paling Endes

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com