Billy Martono 'Crazy Rich Cilegon' Tak Gengsi Jualan Ayam Geprek, Pisang Goreng dan Kopi

Sonia Basoni - detikFood Senin, 02 Agu 2021 16:00 WIB
Billy Martono ‘Crazy Rich Cilegon’ Tak Gengsi Jualan Ayam Geprek, Pisang Goreng dan Kopi Foto: Instagram/Tiktok Billy Martono
Jakarta -

Lahir dari keluarga kaya raya, pengusaha muda Billy Martono tak gengsi jualan ayam geprek hingga kopi. Bahkan kini dia suka berbagi makanan.

Viral karena konten videonya di TikTok yang naik sepeda di dalam rumah mewahnya. Billy Martono merupakan pengusaha muda, sekaligus datang dari keluarga yang mendirikan perusahaan Gama Group Banten yang bergerak di bidang retail, farmasi hingga kuliner.

Selain konten naik sepeda di dalam rumah mewah, Billy juga viral dengan konten kebaikannya. Mulai dari memborong penjual makanan kaki lima, sampai bagi-bagi makanan gratis ke driver ojek online.

Tak hanya aksi kebaikannya saja, pengusaha yang mendapatkan julukan 'Crazy Rich Cilegon' ini juga ternyata tak gengsi jualan ayam geprek, pisang goreng hingga kopi.

Berikut lima fakta kuliner menarik seputar Billy Martono 'Crazy Rich Cilegon'.

Baca Juga: Billy Martono 'Crazy Rich Cilegon' Hobi Borong Makanan dan Terbiasa Berbagi Sejak Kecil


1. Jualan Ayam Geprek

Billy Martono 'Crazy Rich Cilegon' Tak Gengsi Jualan Ayam Geprek, Pisang Goreng dan KopiBilly Martono 'Crazy Rich Cilegon' Tak Gengsi Jualan Ayam Geprek, Pisang Goreng dan Kopi Foto: Instagram/Tiktok Billy Martono

Meski hidup dalam rumah seperti istana mewah dan berkecukupan sejak lahir. Tapi Billly Martono tak gengsi merintis karirnya sebagai pengusahanya dari nol. Salah satunya dengan membuka bisnis ayam geprek kekinian pada tahun 2016 lalu.

"Jadi memang saya ingin merintis usaha. Awalnya memang coba-coba usaha kuliner yang pertama kali saya buat itu ayam geprek, karena saya juga mengelola Gama Food Centre. Sejenis food court di Serang, Banten. Karena memang masih pemula, jadi semuanya saya handle sendiri. Bahkan sampai bantu promosi dan jualan di jalanan," ungkap Billy ketika dihubungi detikFood (02/08).

Meski kini usaha ayam gepreknya sudah tutup. Tapi Billy tetap mengembangkan usahanya di bidang kuliner lainnya. Ia juga terus berniaga di bidang makanan dan tertarik mendalami bisnis properti.

2. Dimarahi Pembeli

Billy Martono 'Crazy Rich Cilegon' Tak Gengsi Jualan Ayam Geprek, Pisang Goreng dan KopiBilly Martono 'Crazy Rich Cilegon' Tak Gengsi Jualan Ayam Geprek, Pisang Goreng dan Kopi Foto: Instagram/Tiktok Billy Martono

"Saat buka usaha ayam geprek di tahun 2016 itu, saya dapat banyak masukan dan pengalaman berbisnis. Jadi dulu memang saya yang rekrut karyawan, saya yang promosi, bahkan saya juga sempat antar makanan ke pembeli langsung," kenang pengusaha muda berusia 25 tahun itu.

"Pernah juga lho saya dimarahi pembeli dan pelanggan. Jadi memang jatuh bangunnya itu ada, tapi dari situ saya juga giat bisnis kuliner. Dari franchise kedai kopi, sampai franchise Sang Pisang milik Kaesang," lanjutnya.

Kini Billy juga tengah melebarkan sayapnya untuk mendalami bisnis kuliner lainnya. Salah satunya bisnis kuliner tradisional seperti soto hingga bubur, sampai membuat resto dan kafe.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Siasat Usaha yang Viral agar Tetap Eksis"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com