Nenek Ini Tersedak Onde-onde Saat Sarapan hingga Meninggal Dunia

Sonia Basoni - detikFood Senin, 02 Agu 2021 11:30 WIB
Kue Klepon disebut jajanan tak islami Foto: iStock
Jakarta -

Tersedak makanan sering dianggap hal sepele. Padahal hal ini bisa berakibat fatal hingga kehilangan nyawa, seperti yang dialami nenek malang ini.

Jika di Indonesia nama kue ini lebih populer dengan nama klepon, di Malaysia kue hijau dengan isian gula merah dan serutan kelapa ini lebih hits dengan nama onde-onde.

Kue yang satu ini memang cukup populer di beberapa negara tetangga, seperti Brunei, Malaysia hingga Singapura. Bahkan di Malaysia, onde-onde ini cukup sering dijadikan kudapan di pagi hari untuk sarapan.

Namun ternyata jajanan legit yang satu ini bisa menghilangkan nyawa seseorang, jika disantap dengan tidak hati-hati.

Seperti kejadian yang menimpa seorang nenek berusia 82 tahun bernama Meriam Abdul Rafar. Dilansir dari Kosmo (28/07), Meriam tinggal di Kampung Lentang, Pahang, Malaysia.

Baca Juga: Penting! 5 Cara Menolong Orang Tersedak Makanan

Menurut laporan dari Kepolisian Lipis, Ahli Mohd Noor, kejadian ini berawal ketika Meriam tengah makan onde-onde dengan putranya. Ia tiba-tiba tersedak saat menelan onde-onde yang berbentuk bola-bola kecil.

The dead woman's body. Focus on handIlustrasi Tersedak Onde-onde. Foto: Getty Images/iStockphoto/Artem_Furman

"Melihat kondisi ibunya yang kritis, putranya langsung menghubungi petugas klinik kesehatan terdekat di kampung mereka untuk pertolongan pertama," jelas Noor.

Sayangnya, nyawa Meriam tak sempat tertolong meski sempat dilarikan ke rumah sakit. Meriam meninggal dunia karena salah satu onde-onde yang disantapnya tersedak di tenggorokan dan menutup jalur pernapasannya.

Menanggapi hal ini ahli jantung dan kesehatan Marvin Bay, mengingatkan bahwa untuk selalu berhati-hati memberikan makanan kepada orang-orang lanjut usia. Terutama makanan yang memiliki teksur kenyal dan sedikit susah ditelan seperti onde-onde yang terbuat dari tepung beras.

Klepon isi gula arenKlepon isi gula aren Foto: detikfood

"Dibandingkan memberikan onde-onde dalam bentuk utuh, lebih aman onde-onde atau makanan lainnya kita potong kecil-kecil. Karena di sini penyebab meninggal korban adalah tersedak onde-onde yang masih utuh," ungkapnya.

Ketika makanan menghadang jalur pernapasan di tenggorokan, itu akan sangat berpengaruh pada pernapasan seseorang. Sehingga waktu untuk menyelamatkan orang yang tersedak dari makanan ini sangat singkat.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Tersedak Makanan Saat Makan Terburu-buru



Simak Video "Ketika Klepon Disulap Jadi Cake yang Cantik"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com