7 Makanan Selain Babi yang Juga Diharamkan Dalam Islam

Diah Afrilian - detikFood Senin, 02 Agu 2021 05:37 WIB
Reading Al Quran in the mosque Foto: iStock

3. Hewan yang disembelih untuk sesajen

7 Makanan Selain Babi yang Juga Diharamkan Dalam Islam7 Makanan Selain Babi yang Juga Diharamkan Dalam Islam Foto: iStock

Sesajen atau dikenal dalam istilah Islam sebagai berhala, merupakan salah satu bentuk penyekutuan atas Allah SWT. Allah SWT sangat mengutuk orang-orang yang dengan percaya diri menyembah berhala di atas tanah ciptaan Allah SWT.

Bukan hanya kegiatan penyembahannya saja, bahkan hewan-hewan yang dibunuh dengan tujuan untuk disajikan kepada berhala juga diharamkan untuk dikonsumsi. Contoh hewan yang diharamkan ini berupa ayam yang dipotong untuk dijadikan sesajen atau kepala kambing yang disiapkan untuk tumbal.

4. Binatang buas bertaring

Abu Hurairah dari Nabi Shallallahu Alaihi wa sallam bersabda:

"Setiap binatang buas yang bertaring adalah haram dimakan," HR. Muslim.

Hewan buas bertaring yang dimaksud adalah hewan seperti serigala, harimau, singa dan hewan buas lainnya. Hal ini disebabkan karena hewan buas merupakan hewan yang berbahaya bagi manusia.

5. Burung berkuku tajam

7 Makanan Selain Babi yang Juga Diharamkan Dalam Islam7 Makanan Selain Babi yang Juga Diharamkan Dalam Islam Foto: iStock

Hewan yang berkuku tajam punya peraturan untuk tidak dikonsumsi layaknya hewan buas bertaring. Suatu hadist yang menjelaskan tentang hal tersebut bahkan digunakan menjadi dasar beberapa mazhab seperti mazhab Syafi'i, Abu Hunaifah, Imam Ahmad, Abu Daud dan mayoritas ulama lainnya.

"Dari Ibnu Abbas berkata: "Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam melarang dari setiap hewan buas yang bertaring dan berkuku tajam"," HR. Muslim.

6. Hewan yang diperintahkan untuk dibunuh

"Dari Aisyah berkata: Rasulullah bersabda: lima hewan fasik yang hendaknya dibunuh, baik di tanah halal maupun haram yaitu ular, tikus dan anjing hitam," HR. Muslim.

Hewan-hewan yang diperintahkan untuk dibunuh ini dikatakan memiliki racun atau bakteri yang sangat berbahaya jika dikonsumsi. Bahkan efeknya bisa menimbulkan penyakit berat seperti rabies hingga kematian.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com