Adu Rasa 4 Kopi Latte Kemasan, Mana Paling Mantul?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 01 Agu 2021 17:00 WIB
Adu Rasa 4 Kopi Latte Kemasan, Mana Paling Mantul? Foto: detikfood
Jakarta -

Kopi latte kemasan kini banyak dijual di minimarket. Dari 4 merek yang populer, mana yang rasa kopi susunya paling mantul?

Penikmat kopi di Indonesia sangat banyak. Tak heran, muncul beragam inovasi minuman kopi, termasuk kopi latte kemasan yang praktis ini.

Tanpa diseduh atau diracik, kamu bisa langsung menikmati kopi latte enak. Minuman ini banyak dijual di minimarket dalam keadaan dingin.

Harganya pun tak bikin kantong jebol. Mulai dari Rp 3 ribu, satu botol kopi latte kemasan bisa kamu nikmati.

Mengenai kata 'latte', jenis kopi ini merujuk pada racikan kopi susu populer ala Italia. Latte memakai komposisi susu yang lebih banyak dibanding cappuccino.

Biasanya segelas racikan latte di kafe terdiri dari 1/6 espresso, 4/6 susu cair, dan 1/6 busa susu. Rasanya yang manis lembut membuat latte jadi favorit.

Di minimarket, detikfood menemukan 4 merek minuman kopi latte kemasan. Keempatnya adalah, Tora Cafe Milky Latte (Rp 4.200), Golda DolceLatte (Rp 3.100), Nescafe Latte (Rp 11.500), dan Kopiko (Rp 6.400).

Bagaimana ya aroma dan rasa dari masing-masing kopi latte kemasan ini?

1. Tora Cafe Milky Latte

Adu Rasa 4 Kopi Latte Kemasan, Mana Paling Mantul?Adu Rasa 4 Kopi Latte Kemasan, Mana Paling Mantul? Foto: detikfood

Selain Kopiko, Mayora juga memproduksi kopi latte kemasan bernama Tora Cafe Milky Latte. Minuman ini dibuat dengan air, krimer nabati, gula, susu bubuk skim, dan kopi instan sebanyak 0.64%.

Kesan pertama kami untuk body kopi ini adalah pas. Tidak terlalu kental ataupun cair. Aroma kopi juga menggugah selera, wangi seperti karamel.

Ternyata rasanya juga mirip karamel dengan sentuhan creamy susu yang enak. Kopi ini juga memiliki sedikit rasa gurih yang tercecap di akhir (aftertaste).

2. Golda DolceLatte

Adu Rasa 4 Kopi Latte Kemasan, Mana Paling Mantul?Adu Rasa 4 Kopi Latte Kemasan, Mana Paling Mantul? Foto: detikfood

Kopi latte kemasan ini dijual dengan harga murah meriah, Rp 3 ribu saja. Golda DolceLatte adalah produksi WingsFood yang dibuat dengan biji kopi Brazil.

Dalam komposisinya tertulis, minuman ini dibuat dengan air, gula, krimer nabati, susu skim bubuk, ekstrak kopi 2,3%, dan kopi bubuk instan 0,63% sebagai bahan utamanya.

Menyoal body, kopi latte kemasan ini cukup kental. Wangi susu juga tercium kuat begitu botol dibuka. Untuk rasa manisnya tercecap kuat, bahkan agak kemanisan untuk selera kami. Rasa kopi baru muncul di akhir.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com