Ngeri! 5 Makanan Hasil Penyiksaan Hewan Ini Kontroversial

Riska Fitria - detikFood Jumat, 30 Jul 2021 18:00 WIB
Ngeri! 5 Makanan Hasil Penyiksaan Hewan Ini Kontraversial Foto: iStock

3. Balut

Ngeri! 5 Makanan Hasil Penyiksaan Hewan Ini KontraversialNgeri! 5 Makanan Hasil Penyiksaan Hewan Ini Kontr0versial Foto: iStock

Balut adalah makanan berupa telur yang di dalamnya berisi embrio bebek atau ayam. Balut biasa dikonsumsi di Filipina dan menjadi kontroversi karena proses pembuatannya terbilang menyiksa hewan.

Proses pembuatannya, yakni dengan mengerami telur ayam atau bebek selama 3 minggu hingga membentuk janin unggas di dalam cangkang. Lalu, telur direbus sampai matang. Kemudian cangkangnya dikupas lalu dimakan.

Terdapat air alami dari embrionya yang bercita rasa gurih. Menyantap balut merupakan bagian dari tradisi yang dilakukan secara turun temurun. Namun, menyantap balut banyak dikritik oleh berbagai kalangan.

Baca Juga: Balut, Telur Isi Embrio Bebek yang Kontroversi Tapi Tetap Disukai

4. Burung Ortolan

Ngeri! 5 Makanan Hasil Penyiksaan Hewan Ini KontraversialNgeri! 5 Makanan Hasil Penyiksaan Hewan Ini Kontroversial Foto: Fox News


Selain foie gras, Prancis juga memiliki makanan kontroversial. Makanan tersebut terbuat dari burung ortolan. Sebelum diolah, burung ortolan matanya akan ditusuk.

Selanjutnya, burung itu lebih dulu diberi makan hingga tubuhnya gemuk. Kemudian burung ortolan ditenggelamkan di dalam minuman anggur brandy. Lalu, burung tersebut baru digoreng secara utuh tanpa dipotong-potong.

Banyak orang menilai rasa burung ini sangat crispy dan enak. Untungnya, makanan tersebut telah dilarang oleh pemerintah Prancis pada tahun 1999 karena sangat kontroversial.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com