Super Langka! Wanita Ini Temukan 6 Telur Sekaligus dengan Dua Kuning

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 30 Jul 2021 13:30 WIB
dua kuning telur Foto: Istimewa
Jakarta -

Bagai mendapat kejutan, wanita ini mendapati 6 telur ayam yang dibelinya memiliki dua kuning. Probabilitas kejadian ini konon hanya 1 dari 729 juta. Langka banget ya!

Membeli telur ayam dalam jumlah banyak untuk dijadikan stok sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Pasalnya telur ayam termasuk bahan makanan bernutrisi tinggi yang enak dan gampang diolah.

Telur ayam yang umum ditemui adalah yang memiliki satu kuning (yolk) saja, namun beberapa orang di dunia beruntung menemukan telur ayam istimewa. Seperti yang dialami Christine Hill.

Melansir Mirror UK (28/7), wanita di Liverpool, Inggris ini belanja telur ayam di supermarket Aldi. Begitu pulang ke rumah, ia ingin membuat telur dadar. Namun ia terkejut ketika melihat satu telurnya memiliki dua kuning.

Super Langka! Wanita Ini Temukan 6 Telur Sekaligus dengan Dua KuningSuper Langka! Wanita Ini Temukan 6 Telur Sekaligus dengan Dua Kuning Foto: Christine Hill

Selanjutnya Christine coba memecahkan seluruh 6 telur yang dimilikinya. Ia semakin kaget karena ternyata keenam telur memiliki dua kuning atau biasa disebut 'double yolker'.

Christine lantas memamerkan telur istimewanya di Twitter. "6 'double yolker' dari satu kotak berisi 6 telur," tulisnya.

"Pertama kali mendapatinya 'Oh lihat, ada telur dengan dua kuning', dan saya tidak berpikir lebih soal ini. Dan begitu telur kedua juga punya dua kuning, saya berpikir ini kebetulan," kata Christine.

Ia dan suaminya mulai menyikapi temuan ini secara serius begitu melihat telur ketiga dan selanjutnya juga 'double yolker'. "Ini benar-benar kejadian lucu dan mengejutkan," katanya.

Ia mencari tahu soal sebab telur memiliki dua kuning di internet. "Dan kejadian ini lebih sering terjadi pada ayam betina yang lebih muda dan diduga menjadi tanda dari lapisan yang tidak berpengalaman, tetapi tidak tahu apakah hal ini benar," ujar Christine.

Super Langka! Wanita Ini Temukan 6 Telur Sekaligus dengan Dua KuningSuper Langka! Wanita Ini Temukan 6 Telur Sekaligus dengan Dua Kuning Foto: Christine Hill

Seseorang kemudian juga mengomentari unggahan Christine. Ia menyebut temuan 6 telur sekaligus dengan dua kuning ini memiliki peluang sangat sedikit, yaitu 1 dari 729 juta kejadian.

Sementara itu, British Egg Information Service menyebut meski temuan telur dengan dua kuning sangat langka, namun sekali ditemukan bisa lebih dari satu telur. Seperti halnya yang dialami Christine.

"Telur dengan dua kuning cenderung berasal dari ayam betina muda yang sistem hormonnya masih berkembang secara alami. Kejadian telur memiliki dua kuning sangat langka, meski kami tidak bisa mengungkapnya secara spesifik, temuan telur dengan dua kuning dianggap kurang dari 0,1%," tulis British Egg Information Service.

Mereka juga mengatakan tidak heran jika ada beberapa telur sekaligus dengan dua kuning. "Karena semua ayam dalam satu kawanan memiliki usia yang sama, bukan hal yang aneh untuk menemukan lebih dari satu kuning telur dalam satu kotak," kata British Egg Information Service.



Simak Video "Masak Masak: Resep Telur Gulung Korea Tebal dan Empuk"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com