Pertama Cicip Gudeg, Cewek Korea Ini Mengira Gudeg Terbuat dari Daging Sapi!

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 29 Jul 2021 10:30 WIB
Cewek Korea Cobain Gudeg, Salah Kira Bahannya Terbuat dari Daging Sapi Foto: YouTube Priscilla Lee
Jakarta -

Dua orang cewek asal Korea Selatan baru pertama kali mencicipi gudeg komplet khas Yogyakarta. Mereka salah mengira kalau gudeg terbua dari daging sapi.

Gudeg terbuat dari nangka muda atau gori dalam bahasa Jawa merupakan makanan khas Yogyakarta. Nangka muda ini dimasak dengan bumbu dan gula Jawa serta daun jati muda hingga warnanya cokelat pekat dan rasanya manis.

Gudeg ada yang disajikan kering, namun ada juga yang sedikit berkuah. Satu porsinya disajikan komplet dengan opor ayam, sambal goreng krecek, telur pindang dan tempe atau tahu bacem.

gudeg bu tinahgudeg bu tinah Foto: Riska Fitria/ dok. detikFood

Baca Juga: 7 Makanan untuk Menyehatkan Paru-paru dan Saluran Pernafasan

Untuk menikmatinya, kamu bisa membeli gudeg dari restoran atau rumah makan. Banyak rumah makan legendaris yang menawarkan gudeg enak di Yogyakarta. Belakangan banyak juga yang menawarkan gudeg komplet via toko online.

YouTuber Priscilla Lee yang merupakan orang asli Korea Selatan membeli beberapa paket gudeg komplet. Ia mengajak sang adik untuk mencicipi gudeg itu untuk pertama kalinya.

Dalam videonya, dua cewek Korea ini sangat menyukai kemasan gudeg dari tempat yang ia beli. Karena dari kemasannya yang rapih menandakan kalau rasanya akan enak.

Mereka mencicipi gudegnya terlebih dahulu. Gudeg yang mereka pesan ini cenderung kering dan nangkanya agak hancur. Menurut keduanya rasanya manis dan enak, bahkan mereka mengira kalau gudeg itu terbuat dari daging sapi.

"Hmm rasanya kayak galbi (daging iga sapi)!" ujar Priscilla Lee yang tampak menikmati gudeg itu.

Cewek Korea Cobain Gudeg, Salah Kira Bahannya Terbuat dari Daging SapiCewek Korea Cobain Gudeg, Salah Kira Bahannya Terbuat dari Daging Sapi Foto: YouTube Priscilla Lee

"Daging sapi dong?" sahut sang adik.

Baca Juga: Intip Harga Kangkung dan Daun Pandan di Korea Selatan

Tak hanya gudeg, Priscilla juga sangat menyukai tahu bacemnya. Menurutnya rasanya sangat enak dan manis. "Tahunya juga enak banget! Tahunya juga manis, tadi gudeg juga manis," ucap Priscilla.

Sang adik coba mecicipi krecek. Krecek terbuat dari rambak (kerupuk kulit) yang dimasak dengan beragam bumbu, cabai, dan santan. "Ini krecek, ini kayak sambal. Aku mau makan ini sama nasi ya," ujar sang adik.

"Sangat enak! Kreceknya enak banget," lanjutnya.

Cewek Korea Cobain Gudeg, Salah Kira Bahannya Terbuat dari Daging SapiCewek Korea Cobain Gudeg, Salah Kira Bahannya Terbuat dari Daging Sapi Foto: YouTube Priscilla Lee

Hampir semua lauk pelengkap nasi gudeg yang dicicipi mereka menyukainya. Seperti daging bumbu rempah khas Jawa yang manis, opor ayam, hingga sambalnya. Adik dari Priscilla Lee juga menyebutkan kalau ia tampaknya cocok dengan cita rasa makanan Jawa.

Video dua cewek Korea ini menarik perhatian netizen. Banyak netizen yang memberitahu mereka kalau gudeg itu terbuat dari nangka muda bukanlah daging sapi. Banyak juga yang merekomendasikan untuk mencicipi hidangan mie khas Indonesia.

Cewek Korea Cobain Gudeg, Salah Kira Bahannya Terbuat dari Daging SapiCewek Korea Cobain Gudeg, Salah Kira Bahannya Terbuat dari Daging Sapi Foto: YouTube Priscilla Lee

"Gudeg itu dari nangka muda kak," komentar netizen.

"Rekomendasi mie yang mungkin belum dicoba itu mie kocok, mie tek tek, mie kopyok, mie aceh, mie ongklok," tulis netizen lain.

Baca Juga: 5 Kisah Makan Babi Viral, Dimakan Muslim dan Ditanyakan Kehalalannya



Simak Video "Bikin Laper: Gudeg Komplit Mbak Yus yang Tampil Beda"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com