Kisah Sejoli Lulus Kuliah Hadapi Pandemi dengan Jualan Rice Bowl

Riska Fitria - detikFood Kamis, 29 Jul 2021 15:30 WIB
Kisah Sejoli Lulus Kuliah Hadapi Pandemi dengan Jualan Rice Bowl Foto: Instagram @bolbol_my
Jakarta -

Sulit mendapatkan pekerjaan di masa pandemi, lulusan baru dari kampus ini nekat membuat dobrakan. Mereka memutuskan jualan rice bowl sekaligus bantu sesama.

Pandemi COVID-19 telah membuat kehidupan jauh dari kata normal. Banyak orang yang menderita akibat pandemi ini, tidak hanya soal kesehatan, tetapi juga ekonomi. PHK besar-besaran telah membuat angka pengangguran tinggi.

Tentu kondisi tersebut menjadi tantangan termasuk bagi mahasiswa dan mahasiswa yang baru saja lulus dari kampus. Tak jarang mereka sulit mendapatkan pekerjaan akibat pandemi.

Baca Juga: 'Move On' Usai Diselingkuhi Pacar, Wanita Ini Sukses Jual Makanan Vegan

Meskipun begitu, kondisi tersebut tidak menyurutkan semangat dua orang lulusan baru di Malaysia ini diam diri. Dua orang yang merupakan pasangan kekasih ini pun memutuskan untuk mencari jalan keluar.

Kisah Sejoli Lulus Kuliah Hadapi Pandemi dengan Jualan Rice BowlKisah Sejoli Lulus Kuliah Hadapi Pandemi dengan Jualan Rice Bowl Foto: Instagram @bolbol_my

Mereka adalah Anthony Tham (25 tahun) dan Wynne Na (22 tahun) yang baru saja lulus pada Desember 2020 lalu dengan hasil yang sangat baik. Namun, keduanya gagal mendapatkan pekerjaan karena pandemi dan ekonomi saat ini.

Anthony menyadari bahwa hal ini juga terjadi pada teman-teman kuliahnya yang lain. Bagaimanapun, pasangan ini berasal dari keluarga berpenghasilan menengah. Karenanya mereka tidak bisa duduk berdiam diri.

"Kami tidak meminta dukungan dari orangtua kami karena kami sadar bahwa mereka mengatasi tantangan mereka sendiri dan kami tidak ingin membebani mereka," ujar Anthony seperti yang dikutip dari WOB (23/07).

Anthony dan Wynne Na akhirnya memutuskan untuk menciptakan peluang sendiri dengan memulai bisnis kuliner menggunakan tabungan mereka. Bisnis kuliner mereka adalah rice bowl yang diberi nama Bōl Bōl.

Kisah Sejoli Lulus Kuliah Hadapi Pandemi dengan Jualan Rice BowlKisah Sejoli Lulus Kuliah Hadapi Pandemi dengan Jualan Rice Bowl Foto: Instagram @bolbol_my


Baca Juga: 3 Cerita Bisnis Kuliner Dunia yang Paling Inspiratif

Mereka menawarkan harga yang terjangkau untuk satu porsi rice bowlnya, yakni sekitar Rp 30 ribu untuk satu porsinya. Sebab mereka memahami kondisi perekonomian rata-rata masyarakat sedang anjlok. Karenanya mereka juga ingin saling membantu.

"Kami memahami bahwa masa-masa sulit dan kami berharap dapat memberikan keterjangkauan sehingga tidak ada yang tidur dalam keadaan lapar," ujar Anthony.

Bōl Bōl sendiri merupakan bisnis kuliner rice bowl yang hanya melayani pemesanan secara online. Selain harganya terjangkau, mereka juga memberikan porsi yang banyak di setiap rice bowlnya.

Kisah Sejoli Lulus Kuliah Hadapi Pandemi dengan Jualan Rice BowlKisah Sejoli Lulus Kuliah Hadapi Pandemi dengan Jualan Rice Bowl Foto: Instagram @bolbol_my

Bisnis kuliner itu secara resmi beroperasi pada Mei 2021 lalu. Tak mudah bagi mereka untuk menjalankan bisnis kuliner dengan baik. Mereka mengatakan bahwa mereka kesulitan untuk membayar sewa.

"Kadang-kadang tidak lebih dari lima pelanggan sehari dan dengan pendapatan kami saat ini, itu hanya akan mampu menutupi bahan baku," ujar Anthony.

Anthony dan Wynne Na pun gencar melakukan promosi lewat Instagram @bolbol_my. Respon dari masyarakat pun positif dan mereka berharap bisa mempertahankan bisnis kulinernya.

Baca Juga: Punya Bisnis Kuliner? Terapkan Trik Ini untuk Tarik Pelanggan



Simak Video "Siasat Usaha yang Viral agar Tetap Eksis"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com