Intip Harga Kangkung dan Daun Pandan di Korea Selatan

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 28 Jul 2021 13:30 WIB
Harga Kangkung hingga Daun Pandan di Korea Foto: YouTube Rosakis

3. Daun Pandan

Harga Kangkung hingga Daun Pandan di KoreaHarga Kangkung hingga Daun Pandan di Korea Foto: YouTube Rosakis

Rosakis terlihat sering membuat kudapan khas Indonesia yang banyak menggunakan daun pandan. Seperti es cendol, bubur sum sum, dan lainnya. Ia pun membeli daun pandan lewat online.

Biasanya daun pandan yang ia sering gunakan dalam kondisi kering. Namun, di toko online ini ia menemukan daun pandan dalam kondisi segar. Tentunya harga daun pandan segar terbilang lebih mahal.

"Jadi di Korea dapet yang fresh gini (daun pandan) jarang banget guys. Jadi ini aku beli kalau gak salah harganya 5,000 won (Rp 60 ribu)," ujarnya.

Padahal kalau di Indonesia, daun pandan bisa didapatkan dengan mudah dan harganya juga terjangkau. Banyak orang Indonesia yang menanamnya sendiri. Kalaupun beli di pasar harganya sekitar Rp 3 ribu - Rp 5 ribu per ikatnya.

Baca Juga: Di Depok Ada 5 Bakso Enak Buat Teman Santai di Rumah Aja

4. Daun pisang

Harga Kangkung hingga Daun Pandan di KoreaHarga Kangkung hingga Daun Pandan di Korea Foto: YouTube Rosakis

Di Korea sangat sulit mendapatkan daun pisang. Tidak seperti di Indonesia yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Bahkan, banyak orang yang memiliki pohon pisang di pekarangan rumah mereka.

Untuk membuat makanan khas Indonesia, daun pisang sangat diperlukan. Walaupun harganya agak mahal, biasanya mereka rela membeli daun pisang itu. Seperti Rosakis yang membeli daun pisang dengan harga 5,000 Won (Rp 60 ribu) per kilogram.

"Ini 1 kilo 5,000 won (Rp 60 ribu), lumayan cukup banyak. Dan daun pisang pun emang di Korea susah dapat, biasa dapat yang beku. Tapi kalau yang ini yang fresh, aku untung banget bisa dapet daun pisang," kata Rosakis.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Tips Mengolah Kangkung yang Baik dan Benar"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com