Jangan Sembarangan! Ini 3 Tips Membuang Minyak Goreng Bekas Masak

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 28 Jul 2021 08:30 WIB
minyak goreng Foto: iStock
Jakarta -

Membuang minyak goreng bekas tak boleh sembarangan. Begini cara yang benar dan bijak membuang minyak sisa memasak.

Saat masak seringkali minyak goreng digunakan dalam jumlah yang cukup banyak. Tetapi masalah akan muncul ketika minyak tersebut sudah beberapa kali digunakan dan menjadi kotor.

Banyak sekali yang masih belum memahami cara mengatasi minyak goreng bekas masak. Minyak goreng telah digunakan tidak boleh dibuang sembarangan apalagi langsung dibuang bersama campuran sampah lain tanpa penanganan khusus.

Minyak goreng bekas yang dibuang sembarangan akan memberikan dampak buruk bagi lingkungan. Maka diperlukan beberapa cara untuk mengatasi minyak goreng sebelum dibuang.

Berikut ini 3 cara untuk membuang minyak goreng bekas menurut Green Citizen (28/6):

ilustrasi minyak gorengFoto: iStock

1. Bekukan Sebelum Dibuang

Sebelum dibuang, pastikan minyak sudah dingin terlebih dahulu. Minyak yang masih panas akan sangat berisiko untuk menimbulkan luka jika tidak sengaja terkena kulit.

Setelah dingin, tentukan ingin membuang minyak dalam jenis sampah seperti apa. Apakah dalam bentuk cair atau sampah padat. Jika ingin disatukan dengan sampah padat, bekukan minyak terlebih dahulu dalam freezer sebelum akhirnya dibuang ke tempat sampah.

2. Jangan Dibungkus dengan Plastik

Jika ingin membuang minyak dalam keadaan cair, jangan bungkus minyak goreng bekas menggunakan plastik. Membungkus bekas minyak dalam plastik akan berisiko untuk robek atau bocor.

Ketika plastik pembungkusnya robek atau bocor sampah minyak akan berserakan. Membersihkan bekas minyak goreng yang berserakan ini akan lebih menyulitkan dan memakan waktu.

Baca juga: Jangan Buang Minyak Jelantah, Manfaatkan Jadi Sabun hingga Pupuk Tanaman

3. Gunakan Wadah dengan Penutup Rapat

minyak gorengFoto: iStock

Dibandingkan plastik, lebih baik siapkan wadah dengan penutup rapat yang sudah tidak terpakai sebagai tempat minyak goreng bekas. Salah satunya dengan memanfaatkan botol plastik bekas air mineral untuk membuang minyak goreng bekas ini.

Wadah dengan penutup rapat akan menjaga minyak dari tumpahan dan kebocoran sehinggapembuangannya jadi lebih mudah. Minyak bekas yang disimpan dalam wadah rapat sebelum dibuang juga akan memudahkan petugas kebersihan saat mengambil sampah.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Tips Potong Dadu Buah Nanas"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com