Kenali 4 Tanda Daging yang Sudah Tidak Segar sebelum Memasak

Riska Fitria - detikFood Rabu, 28 Jul 2021 08:00 WIB
Kenali 4 Tanda Daging yang Sudah Tidak Segar sebelum Memasak Foto: iStock

3. Aroma Daging

Kenali 4 Tanda Daging yang Sudah Tidak Segar sebelum MemasakKenali 4 Tanda Daging yang Sudah Tidak Segar sebelum Memasak Foto: iStock

Daging yang masih segar dan yang tidak segar dapat mudah diketahui dari aromanya. Daging yang segar akan mengeluarkan aroma normal khas sapi. Aromanya tidak terlalu amis dan tidak tajam.

Sementara daging yang sudah tidak sehat akan mengeluarkan bau anyir dan sangat amis. Dilansir dari Healthline aroma berubah karena meningkatnya pertumbuhan bakteri pembusuk, seperti Lactobacillus spp dan Pseudomonas spp.

Bakteri pembusuk itu juga dapat mempengaruhi rasa. Jika aroma amis dan prengus masih wajar, maka daging dapat dikatakan masih segar.

Aroma tersebut pun dapat dihilangkan secara alami dengan rempah dan bumbu dapur. Seperti lemon, jeruk nipis, garam, nangka dan masih banyak lagi.

4. Kandungan Air

Kenali 4 Tanda Daging yang Sudah Tidak Segar sebelum MemasakKenali 4 Tanda Daging yang Sudah Tidak Segar sebelum Memasak Foto: iStock

Daging yang berkualitas baik adalah daging yang tidak mengandung air. Daging yang kualitasnya kurang baik biasanya ada pada daging sapi gelonggongan karena di dalamnya ada kandungan air.

Hal tersebut dapat dibuktikan dengan cara ditekan. Jika ditekan, kandungan air pada daging akan keluar. Dikatakan kualitasnya kurang baik karena daging yang airnya banyak akan bentrok dengan sari dalam daging.

Kondisi itu bisa memengaruhi rasa dagingnya. Daging akan terasa hambar, tidak gurih, bahkan rasa khas daging juga tidak terasa.

Baca Juga: 7 Efek Buruk Kesehatan Jika Terlalu Banyak Makan Daging

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com