Kenali 4 Tanda Daging yang Sudah Tidak Segar sebelum Memasak

Riska Fitria - detikFood Rabu, 28 Jul 2021 08:00 WIB
Kenali 4 Tanda Daging yang Sudah Tidak Segar sebelum Memasak Foto: iStock
Jakarta -

Daging sisa kurban masih tersisa di kulkas? Sebelum diolah, perhatian tanda-tanda daging untuk pastikan daging masih segar dan layak konsumsi.

Setelah hari raya kurban biasanya ibu rumah tangga masih menyisakan daging di dalam kulkasnya untuk dijadikan stok. Namun, jangan terlalu lama disimpan karena bisa membuat daging tak lagi segar.

Untuk mengetahui apakah daging masih segar atau tidak bisa dilakukan dengan berbagai cara. Yaitu dengan mengenali warna, aroma, tekstur dan kandungan air pada daging.

Jika daging terbukti tidak segar, sebaiknya jangan dikonsumsi lagi. Karena selain dapat mengubah rasa, jika bisa membahayakan kesehatan karena ada bakteri yang terkandung di dalamnya.

Berikut 4 cara mengetahui apakah daging masih segar atau tidak:

1. Warna Daging

Kenali 4 Tanda Daging yang Sudah Tidak Segar sebelum MemasakKenali 4 Tanda Daging yang Sudah Tidak Segar sebelum Memasak Foto: iStock

Cara mengetahui apakah daging masih segar atau tidak dapat dilihat dari warnanya. Daging yang berkualitas bagus memiliki warna merah kehitaman.

Daging sapi yang masih segar biasanya akan mengeluarkan darah dan sari. Darah dan sari itu akan mudah hilang jika digosok atau terkena air.

Jika kamu menemukan daging, kemudian warna merahnya sulit dihilangkan meskipun sudah digosok, bisa jadi daging tersebut diberi pewarna agar terlihat masih segar.

Selain itu, jika warna daging sudah coklat dan kehijauan tandanya daging itu sudah tak segar. Sementara untuk lemak dagingnya yang segar adalah yang berwarna putih kekuningan.

Baca Juga: 5 Tips Rebus Daging Biar Empuk Ini Gampang Dicontek

2. Tekstur Daging

Kenali 4 Tanda Daging yang Sudah Tidak Segar sebelum MemasakKenali 4 Tanda Daging yang Sudah Tidak Segar sebelum Memasak Foto: iStock

Untuk mengetahui tekstur daging, bisa dilakukan dengan menyentuhnya. Daging yang masih segar jika disentuh teksturnya terasa kenyal dan padat.

Namun sebaliknya, jika daging terasa lembek, berlendir dan lengket itu tandanya daging sudah tidak segar lagi. Kondisi tersebut menunjukan bahwa adanya bakteri pembusuk di dalam daging.

Untuk menghindari penyebaran bakteri dari satu permukaan ke permukaan lainnya, cucilah tangan dengan air bersih setelah menyentuh daging mentah.

Baca Juga: Ini 5 Efek Samping Terlalu Banyak Makan Daging

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com