Jelly Madu Jadi Tren di TikTok, Apakah Aman Dikonsumsi?

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 27 Jul 2021 13:30 WIB
Tren Jelly Madu di TikTok Foto: TikTok @_chwisbuncis_ @emilmario69 iStock
Jakarta -

Tren jelly madu awalnya diperkenalkan oleh seorang kreator bule di TikTok. Kini tren tersebut viral di Indonesia dan banyak kreator yang mencobanya. Seperti apa sih?

Madu adalah sumber pemanis alami yang berasal dari lebah. Madu banyak digunakan untuk menggantikan gula karena nutrisinya yang lebih sehat.

Biasanya madu digunakan untuk meracik teh. Ada juga yang menambahkan madu untuk menikmati roti hingga membumbui masakan dan membuat kue atau dessert.

Tak hanya menjadi pemanis untuk makanan dan mnuman saja, tapi dikreasikan menjadi jelly. Dilansir dari Delish (21/7), jelly madu ini pertama kali diperkenalkan seorang bule bernama Davey di TikTok. Videonya menikmati jelly madu ini telah ditonton 12,5 juta kali.

Baca Juga: Sisca Kohl Bikin Indomie Rp 16 Juta Pakai Topping Wagyu A5 hingga Caviar

Setelah viral, kreasi jelly madunya itu menjadi tren di TikTok hingga membuat beberapa kreator Indonesia mencobanya. Bagaimana sih cara membuat jelly madu ini?

Tren Jelly Madu di TikTokTren Jelly Madu di TikTok Foto: TikTok @_chwisbuncis_

Kreator TikTok dengan akun @_chwisbuncis_ yang kerap dipanggil Buncis ini sempat mencobanya. Ia menggunakan madu kemasan botol merek Madu TJ yang banyak ditemui di pasaran.

Madu botolan itu lalu dimasukkan dalam freezer hingga teksturnya mengeras. Lalu untuk menikmatinya harus ditekan pada bagian botolnya dan jelly madu keluar.

Tren Jelly Madu di TikTokTren Jelly Madu di TikTok Foto: TikTok @_chwisbuncis_

Buncis langsung menggigitnya dan menampilkan ekspresi terkejut karena rasanya yang enak. "Agak susah ya, jadi sih tapi gede gini. Hmm.. kayak jelly!" ujar Buncis dalam videonya.

Kreator TikTok Emil Mario juga mencobanya. Ia menggunakan salah satu merek madu kemasan botol dan langsung mendinginkannya dalam freezer. Ia pun memberikan komentarnya tentang jelly madu ini.

Tren Jelly Madu di TikTokTren Jelly Madu di TikTok Foto: TikTok @emilmario69

"Ya kayak madu tapi beku ngerti nggak sih jadi kayak jelly sih bener. Endula!" kata Emil Mario.

Baca Juga: 3 Agama Ini Mengharamkan Konsumsi Babi untuk Umatnya

"Oke jadi over all ini enak. Tapi kalau lo ada diabetes lebih baik jangan makan ini, karena ini manis banget!" lanjutnya.

Emil Mario menyarankan untuk tidak mengonsumsinya dalam jumlah banyak, terutama untuk penderita diabetes karena rasanya yang terlalu manis. Kebanyakan mengonsumsi madu juga memiliki efek lho bagi kesehatan!

Tren Jelly Madu di TikTokTren Jelly Madu di TikTok Foto: iStock

Dilansir dari Health Shots (5/1/2021), terlalu banyak mengonsumsi madu bisa menyebabkan efek buruk bagi kesehatan. Pertama, bisa meningkatkan kadar gula darah yang dapat membahayakan penderita diabetes. Karena 1 sendok makan (21 g) madu mengandung 64 kalori.

Selain itu, mengonsumsi madu terlalu banyak juga bisa menimbulkan sakit perut dan kesehatan gigi. Bisa juga memicu kenaikan berat badan, karena asupan kalori berlebihan dan bisa menggagalkan diet.

Baca Juga: 5 Cara Masak Indomie ala Orang Luar Negeri Ini Viral dan Jadi Sorotan



Simak Video "Bikin Laper: Kepak Madu Buatan Pilot Rupawan"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com