Rasulullah SAW Larang Makan dan Minum Sambil Berdiri, Ini Alasannya

Devi Setya - detikFood Selasa, 27 Jul 2021 11:30 WIB
Rasulullah SAW Larang Makan dan Minum Sambil Berdiri, Ini Alasannya Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel

4. Mengganggu proses pencernaan makanan

Jika dikaitkan dengan gaya gravitasi, makan sambil berdiri ternyata membuat lambung lebih cepat mencerna makanan sehingga perut lebih cepat terasa kosong. Selain cepat merasa lapar, zat gizi yang dicerna juga tidak maksimal.

Dilansir dari Medical News Today (27/7) lambung menjadi tidak punya banyak waktu untuk memecah zat-zat makanan, sehingga nutrisi yang dicerna dan diserap oleh usus menjadi tidak maksimal. Ketika sistem pencernaan bekerja optimal dan perlahan maka nutrisi dalam makanan bisa diserap sepenuhnya oleh tubuh.

5. Berisiko merusak ginjal


Ketika proses penyerapan nutrisi terhambat maka efeknya akan mengakibatkan ginjal bekerja keras mengolah air untuk mendukung terjadinya proses penghancuran makanan dalam sistem pencernaan. Ginjal yang bekerja ekstra, apalagi secara terus menerus tentu akan membuatnya 'lelah'.

Jika makan sambil berdiri dilakukan terus menerus, bahkan setiap hari, bukan tidak mungkin ginjal akan mengalami masalah. Gangguan ginjal ini bisa dialami ketika ginjal iritasi dan kelelahan sehingga kinerjanya menurun.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com