Aturan Makan 20 Menit, Ini 5 Risiko Penyakit karena Makan Terlalu Cepat

Riska Fitria - detikFood Selasa, 27 Jul 2021 11:00 WIB
Aturan Makan 20 Menit, Ini 5 Risiko Penyakit karena Makan Terlalu Cepat Foto: iStock

3. Mengiritasi Lambung

Aturan Makan 20 Menit, Ini 5 Risiko Penyakit karena Makan Terlalu CepatAturan Makan 20 Menit, Ini 5 Risiko Penyakit karena Makan Terlalu Cepat Foto: iStock

Sebuah penelitian dari Korea yang melibatkan 10.000 peserta menjalani pemeriksaan endoskopi saluran cerna bagian atas. Dalam penelitian itu, dokter menemukan tanda-tanda lambung teriritasi pada peserta.

Dokter mengatakan bahwa kebanyakan dari mereka yang memiliki gastritis atau iritasi lambung adalah pemakan cepat. Ketika makan terlalu cepat biasanya mereka makan yang berlebihan.

Kondisi itu menyebabkan makanan berada di perut lebih lama, sehingga lambung terkena asam lambung yang akhirnya mengiritasi bagian lambung.

4. Tersedak

Aturan Makan 20 Menit, Ini 5 Risiko Penyakit karena Makan Terlalu CepatAturan Makan 20 Menit, Ini 5 Risiko Penyakit karena Makan Terlalu Cepat Foto: iStock

Yang paling sering terjadi akibat makan terlalu cepat adalah tersedak. Orang yang makan terlalu cepat kebanyakan menelan langsung makanan tanpa mengunyah. Kondisi itu yang menyebabkan tersedak.

Tersedak tidak bisa dianggap remeh. Dalam dunia medis, tersedak dapat menyebabkan kematian. Ketika tersedak, tenggorokan akan mengalami iritasi, lalu mengalami kerusakan hingga sesak napas.

Baca Juga: 4 Hal Serius Ini Akan Terjadi Jika Kamu Makan Terlalu Cepat

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com