Gadget Dapur Kekinian

7 Alat Dapur Unik dari Jepang hingga Italia, Apa Saja Fungsinya?

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 25 Jul 2021 18:00 WIB
7 Alat Dapur Unik dari Jepang hingga Italia, Apa Saja Fungsinya? Foto: Brightside
FOKUS BERITA Gadget Dapur Kekinian
Jakarta -

Alat dapur disesuaikan dengan cara memasak di wilayah setempat. Seperti tujuh negara ini yang ternyata punya alat dapur unik berikut.

Peralatan dapur atau alat memasak yang digunakan di sebuah daerah tentunya menyesuaikan dengan budaya kuliner dan cara memasak setempat. Peralatan memasak tersebut pastinya memiliki fungsinya masing-masing.

Peralatan masak yang sesuai tentunya diciptakan guna menunjang kegiatan memasak untuk menyajikan hidangan-hidangan yang sempurna. Misalnya seperti peralatan yang terbuat dari tanah liat untuk mempertahankan suhu makanan atau wajan-wajan berbentuk unik untuk mencetak makanan itu sendiri.

Peralatan memasak ini bisa disebut sebagai gadget dapur karena fungsinya yang memudahkan. Bahkan beberapa alat juga memiliki lebih dari satu fungsi.

Berikut ini 7 peralatan dapur unik dari berbagai negara menurut Brightside:

7 Alat Dapur Unik dari Jepang hingga Italia, Apa Saja Fungsinya?7 Alat Dapur Unik dari Jepang hingga Italia, Apa Saja Fungsinya? Foto: Brightside

1. Tajine, Maroko

Maroko terkenal dengan makanan khasnya yang diolah dengan cara dikukus. Tajine merupakan peralatan masak tradisional yang memang banyak digunakan di Afrika bagian Utara.

Terbuat dari tanah liat dan memiliki bentuk tutup kerucut membuat tajine dapat menjaga uap panas dari makanan. Bahkan makanan yang dikukus kemudian disajikan dengan tajine ini dikatakan hasilnya lebih lembut dan bumbunya meresap sampai ke dalam.

2. Penyangga Telur, Jerman

Telur rebus setengah matang menjadi menu sarapan yang tidak boleh dilewatkan oleh orang Jerman. Tetapi hal sulit terjadi saat mengupas telur.

Ketika mengupas telur yang masih lunak, biasanya pecahan cangkang telur akan tersebar kemana-mana. Di Jerman, untuk mencegah pecahan cangkang telur yang berserakan mereka menggunakan penyangga telur ini untuk memecahkan bagian atasnya dan kemudian menyendok isi telurnya dengan sendok teh.

Baca juga: Tanpa Kompor, Kamu Bisa Bikin Telur Setengah Matang yang Lumer

3. Moka Pot, Italia

7 Alat Dapur Unik dari Jepang hingga Italia, Apa Saja Fungsinya?7 Alat Dapur Unik dari Jepang hingga Italia, Apa Saja Fungsinya? Foto: Brightside

Pada tahun 1933, sebuah perusahaan di Italia menciptakan alat pembuat kopi yang sederhana. Hal ini datang dari kegemaran masyarakat Italia yang terhadap kopi. Hingga saat ini alat tersebut bahkan menjadi simbol dari kopi khas Italia.

Mesin pembuat kopi yang rumit dan berharga tinggi waktu itu belum mampu dibeli oleh semua kalangan di Italia. Setelah moka pot hadir, orang Italia begitu senang karena membuat kopi menjadi lebih mudah. Bahkan moka pot menjadi salah satu gadget dapur yang harus ada di setiap dapur di Italia.

4. Wajan Pelmeni, Rusia

Pelmeni merupakan hidangan sejenis dumpling yang biasanya disajikan untuk keluarga di Rusia. Secara turun temurun, pelmeni selalu disajikan setiap waktu makan atau waktu berkumpul bersama keluarga.

Bentuknya yang unik membuat pembuatannya secara manual cukup rumit dan membutuhkan waktu yang lama. Saat ini, di Rusia, wajan pembentuk pelmeni sangat mudah ditemukan. Wajan pencetak pelmeni ini bahkan mampu menghasilkan puluhan pelemni hanya dalam waktu singkat yang sangat memudahkan masyarakat Rusia untuk menghidangkan pelmeni.

5. Chawan, Asia Timur

7 Alat Dapur Unik dari Jepang hingga Italia, Apa Saja Fungsinya?7 Alat Dapur Unik dari Jepang hingga Italia, Apa Saja Fungsinya? Foto: Brightside

Di negara Asia Timur seperti Tiongkok dan Jepang, chawan merupakan cangkir kecil yang biasa digunakan untuk menyajikan teh. Tetapi ada juga makanan yang disajikan dengan menggunakan chawan.

Salah satunya sajian chawan mushi khas Jepang yang begitu populer. Bahan pembuat chawan yang berasal dari tanah liat mampu menghantarkan panas dengan sangat baik sehingga chawan mushi bisa matang secara sempurna dan bersamaan hingga ke bagian dalamnya.

6. Pembuat Raclette, Swiss

Racette merupakan nama hidangan nasional Swiss. Raclette terdiri dari sayuran atau daging yang dipanggang dengan dituangkan lelehan keju di bagian atasnya.

Memanggang daging dan sayuran serta melelehkan keju dalam waktu bersamaan akan cukup sulit jika dilakukan di wajan berbeda. Di Swiss ada sebuah wajan khusus untuk membuat Raclette dengan bentuk bertingkat di mana bagian atasnya bisa memanggang sayur atau daging dan bagian bawahnya bisa digunakan untuk melelehkan keju.

7. Calabash, Amerika Selatan

7 Alat Dapur Unik dari Jepang hingga Italia, Apa Saja Fungsinya?7 Alat Dapur Unik dari Jepang hingga Italia, Apa Saja Fungsinya? Foto: Brightside

Warga negara-negara di Amerika Selatan dikenal gemar minum teh bubuk yang diseduh dengan air panas. Serpihan daun teh akan ikut dimasukkan ke dalam gelas.

Calabash merupakan gelas khusus untuk menikmati teh tersebut. Calabash merupakan gelas yang dilengkapi dengan pipa sedotan yang rapat di bagian bawahnya. Tanpa calabash meminum teh ini akan sangat tidak nyaman karena serpihan daun teh yang halus bisa ikut terhisap.

Baca juga: Praktis Banget! Dispenser Cola Mini Ini Bisa Masuk ke Lubang Botol



Simak Video "Kuliner Unik Polewali Mandar: Pepes Sarang Lebah dan Gogos"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)
FOKUS BERITA Gadget Dapur Kekinian

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com