Gadget Dapur Kekinian

7 Alat Dapur Unik dari Jepang hingga Italia, Apa Saja Fungsinya?

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 25 Jul 2021 18:00 WIB
7 Alat Dapur Unik dari Jepang hingga Italia, Apa Saja Fungsinya? Foto: Brightside
FOKUS BERITA Gadget Dapur Kekinian

4. Wajan Pelmeni, Rusia

Pelmeni merupakan hidangan sejenis dumpling yang biasanya disajikan untuk keluarga di Rusia. Secara turun temurun, pelmeni selalu disajikan setiap waktu makan atau waktu berkumpul bersama keluarga.

Bentuknya yang unik membuat pembuatannya secara manual cukup rumit dan membutuhkan waktu yang lama. Saat ini, di Rusia, wajan pembentuk pelmeni sangat mudah ditemukan. Wajan pencetak pelmeni ini bahkan mampu menghasilkan puluhan pelemni hanya dalam waktu singkat yang sangat memudahkan masyarakat Rusia untuk menghidangkan pelmeni.

5. Chawan, Asia Timur

7 Alat Dapur Unik dari Jepang hingga Italia, Apa Saja Fungsinya?7 Alat Dapur Unik dari Jepang hingga Italia, Apa Saja Fungsinya? Foto: Brightside

Di negara Asia Timur seperti Tiongkok dan Jepang, chawan merupakan cangkir kecil yang biasa digunakan untuk menyajikan teh. Tetapi ada juga makanan yang disajikan dengan menggunakan chawan.

Salah satunya sajian chawan mushi khas Jepang yang begitu populer. Bahan pembuat chawan yang berasal dari tanah liat mampu menghantarkan panas dengan sangat baik sehingga chawan mushi bisa matang secara sempurna dan bersamaan hingga ke bagian dalamnya.

6. Pembuat Raclette, Swiss

Racette merupakan nama hidangan nasional Swiss. Raclette terdiri dari sayuran atau daging yang dipanggang dengan dituangkan lelehan keju di bagian atasnya.

Memanggang daging dan sayuran serta melelehkan keju dalam waktu bersamaan akan cukup sulit jika dilakukan di wajan berbeda. Di Swiss ada sebuah wajan khusus untuk membuat Raclette dengan bentuk bertingkat di mana bagian atasnya bisa memanggang sayur atau daging dan bagian bawahnya bisa digunakan untuk melelehkan keju.

7. Calabash, Amerika Selatan

7 Alat Dapur Unik dari Jepang hingga Italia, Apa Saja Fungsinya?7 Alat Dapur Unik dari Jepang hingga Italia, Apa Saja Fungsinya? Foto: Brightside

Warga negara-negara di Amerika Selatan dikenal gemar minum teh bubuk yang diseduh dengan air panas. Serpihan daun teh akan ikut dimasukkan ke dalam gelas.

Calabash merupakan gelas khusus untuk menikmati teh tersebut. Calabash merupakan gelas yang dilengkapi dengan pipa sedotan yang rapat di bagian bawahnya. Tanpa calabash meminum teh ini akan sangat tidak nyaman karena serpihan daun teh yang halus bisa ikut terhisap.

Baca juga: Praktis Banget! Dispenser Cola Mini Ini Bisa Masuk ke Lubang Botol

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Kuliner Unik Polewali Mandar: Pepes Sarang Lebah dan Gogos"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)
FOKUS BERITA Gadget Dapur Kekinian
FOKUS BERITA Gadget Dapur Kekinian

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com