5 Bahan Alami Ini Bantu Sembuhkan Sinus dan Legakan Pernapasan

Devi Setya - detikFood Sabtu, 24 Jul 2021 11:00 WIB
Flu Foto: Getty Images/iStockphoto/piotr_malczyk

4. Cuka sari apel


Dilansir dari Medscape General Medicine (23/7) cuka sari apel mengandung berbagai zat gizi seperti vitamin A, E, B1, B2, kalsium, dan magnesium. Zat ini secara alami mampu membersihkan rongga sinus dan mengobati gejala alergi akibat sinusitis.

Sebuah studi dari University of North Carolina School of Medicine, menyatakan manfaat cuka sari apel dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Cuka sari apel juga terbukti ampuh membersihkan luka dan mencegah infeksi.

A glass bottle of red apple vinegar. Fresh red apples in the background.5 Bahan Alami Ini Bantu Sembuhkan Sinus dan Legakan Pernapasan Foto: Getty Images/iStockphoto/TolikoffPhotography

5. Kunyit


Kandungan zat antiradang pada kunyit memiliki khasiat untuk mengobati infeksi sinus dan masalah pada saluran pernapasan. Senyawa curcumin dalam kunyit juga efektif untuk membersihkan saluran pernapasan dan menyembuhkan rongga sinus yang terinfeksi.

Penelitian yang dilakukan oleh University of California menyatakan bahwa kunyit mengandung antibiotik dan antivirus yang baik bagi kesehatan tubuh. Untuk mengonsumsinya, kamu bisa membuat seduhan kunyit dengan campuran jahe.

Kamu juga bisa pilih jamu kunyit yang bukan hanya meredakan sinus tapi juga memperkuat sistem imun serta bagus untuk kesehatan lambung.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Nggak Cuma Obat Herbal, Daun Kelor Bisa Jadi Cokelat Lezat"
[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com