Perjuangan Ivan Gunawan saat Diet, Minum Suplemen dan Konsultasi ke Dokter Gizi

Riska Fitria - detikFood Jumat, 23 Jul 2021 11:00 WIB
Bisnis kuliner Ivan Gunawan Foto: Instagram
Jakarta -

Ivan Gunawan mendapat tantangan dari Deddy Corbuzier untuk menurunkan berat badan. Ivan Gunawan menyanggupi dengan mencoba berbagai metode diet. Ini perjalanan dietnya.

Ivan Gunawan dikenal sebagai desainer kondang yang bertubuh gemuk. Berat badannya bahkan mencapai 183 kilogram. Belum lama ini, ia mendapat tantangan dari sahabatnya Deddy Corbuzier untuk menurunkan bobotnya.

Tantangan tersebut disampaikan oleh Deddy dalam Podcastnya bersama pria yang akrab disapa Igun beberapa waktu lalu. Deddy menantang Igun untuk menurunkan berat badan sebanyak 20 kilogram dalam waktu 3 bulan.

Sebagai bentuk hadiah, Deddy akan memberikan uang senilai Rp 500 juta kepada Igun jika ia berhasil menerima tantangan tersebut. Sebenarnya Igun sudah lebih dulu menjalani diet sebelum ditantang oleh Deddy.

1. Sempat Melakukan Diet Keto

ivan gunawanPerjuangan Ivan Gunawan saat Diet, Minum Suplemen dan Konsultasi ke Dokter Gizi Foto: Instagram @ivan_gunawan

Jauh sebelum mendapat tantangan untuk menurunkan berat badan dari Deddy Corbuzier, pria kelahiran 31 Desember 1981 tersebut sudah pernah merencanakan untuk diet. Ia bahkan pernah melakukan diet keto.

Diet keto dilakukan oleh Ivan Gunawan sebagai persiapan untuk melakukan syuting sebuah film. Ia dituntut untuk menurunkan bobotnya hingga 10 kilogram sebelum syuting film dilakukan.

Igun mengaku bahwa dirinya terinspirasi dari Rina Gunawan yang sukses menurunkan berat badan sebanyak 15 kilogram dalam waktu 2 bulan.

Baca Juga: Rina Gunawan 5 Bulan Turun BB 30 Kilogram, Ini Tips Dietnya

2. Ubah Pola Makan Sebelum dapat Tantangan

Bisnis kuliner Ivan GunawanPerjuangan Ivan Gunawan saat Diet, Minum Suplemen dan Konsultasi ke Dokter Gizi Foto: Instagram

Lewat channel YouTubenya, Ivan Gunawan menceritakan perjuangannya untuk menurunkan berat badan. Ia menyebutkan bahwa ia sudah memulai diet sebelum mendapat tantangan dari Deddy Corbuzier.

"Jadi sebelum gue diet kayak sekarang gue juga udah gak minum manis udah lama. Gak makan nasi udah lama," ujar Igun.

Bukan hanya itu, ia juga mengonsumsi suplemen khusus selama sebulan terakhir. Untuk dietnya kali ini ia terinspirasi dengan Melly Goeslaw dan TTDJ yang kini tubuhnya tampak ramping dan sehat.

"Guengeliat dari IG-nya tehMelly,TTDJ guengeliat mereka, gue bilang ah gila gue udah ketinggalan nih. Mereka udah kurus-kurus banget," ujar Ivan Gunawan.

3. Konsultasi ke Dokter Gizi

Perjuangan Ivan Gunawan saat Diet, Minum Suplemen dan Konsultasi ke Dokter GiziPerjuangan Ivan Gunawan saat Diet, Minum Suplemen dan Konsultasi ke Dokter Gizi Foto: Kapanlagi.com

Lebih lanjut, Ivan Gunawan pun memberanikan diri untuk berkonsultasi dengan dokter gizi yang menangani Melly Goeslaw dan TTDJ. Dokter gizinya itu dikenal bernama dokter Cissie.

"Baru seminggu eh gak sampai seminggu udah dapat hasil yang maksimal. Udah turun sekitar 2 kilogram. Baru Sabtu kemarin gue nimbang udah turun lagi," tutur Ivan Gunawan.

Dari hasil konsultasinya bersama dokter gizi, Igun mendapat beberapa tips untuk diet. Ivan mengatakan tips diet dari dokter gizi tetap bisa makan enak. Yang terpenting adalah mengurangi karbohidrat.

Selain itu tidak dianjurkan untuk makan tepung dan gula. Dokter menyarankan Igun untuk banyak mengonsumsi makanan yang hidup seperti daging, ikan, dan sayur.

Baca Juga: Rahasia Diet Melly Goeslaw, Berhasil Ganti Ukuran dari XXL ke M

4. Lebih Sering Makan Masakan Ibu

Foto Kedekatan Ivan Gunawan dan Ayahnya Sebelum MeninggalPerjuangan Ivan Gunawan saat Diet, Minum Suplemen dan Konsultasi ke Dokter Gizi Foto: Instagram/@bam_fasdip

Semenjak melakukan diet, Ivan Gunawan mengatakan kalau dirinya sudah tidak suka jajan di luaran lagi. Seperti yang disarankan oleh dokter gizinya, kini ia lebih sering mengonsumsi masakan buatan ibu.

"Gue bersyukur banget mama gue bisa masak, jadi mama yang masak dan gue selalu makan masakan mama. Udah gak suka jajan lagi," ujar Igun.

Usahanya untuk menjalani diet juga mendapat dukungan dari berbagai pihak. Salah satunya pengusaha tajir bernama Maharani. Bahkan ia sampai mengirimkan treadmil untuk Ivan Gunawan.

"Aku terharu banget banyak yang support. Karena gym kan pada tutup, jadi Mami Maharaningirimin akutreadmil. Jadi buat olahraga kecil-kecilan aja. Soalnya doktergaknyaranin untuk gym karena takut membentuk otot," ujarnya.

5. Alasan Diet

Ivan GunawanPerjuangan Ivan Gunawan saat Diet, Minum Suplemen dan Konsultasi ke Dokter Gizi Foto: Youtube Ivan Gunawan

Ivan Gunawan melakukan diet bukan semata-mata karena hadiah dari Deddy Corbuzier. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa ia juga sudah mengubah pola makannya sebelum mendapat tantangan dari Deddy.

Ada beberapa hal mengapa Ivan Gunawan akhirnya memutuskan untuk diet. Alasan tersebut berkaitan soal penampilan dan kesehatannya.

"Terlepas dari challengenya mas Deddy kemarin, gue emang udah niat pengen ngurusin badan. Pertama pake sepatu susah," ujar Igun.

Lebih lanjut, ia juga memperhatikan tentang kesehatan tubuhnya. Sebab saat melakukan pemeriksaan ia terkejut ketika mendapati gula darahnya tinggi.

"Terus juga lagi corona kan gue takut komorbid dan segala macem. Kadang jua kaki suka sakit kalau lagi jalan," ujar Igun.

Setelah berhasil menurunkan berat badannya, gula darahnya pun kembali normal. Selain itu, keinginannya ingin diet adalah karena ia ingin mudah mencari baju untuk dirinya tanpa harus menjahit sendiri.

Baca Juga: Ivan Gunawan Tepis Isu Miskin, Ini Alasannya Jualan Bakso Aci hingga Peyek



Simak Video "Ditantang Diet Deddy Corbuzier dengan Hadiah Rp 500 Juta, Ini Kata Ivan Gunawan"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com