Sedih! Mantan Tentara Ini Cuma Makan Nasi Pakai Sambal demi Obati Istri

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 22 Jul 2021 12:00 WIB
Sedih! Mantan Tentara Ini Cuma Makan Nasi Pakai Sambal demi Obati Istri Foto: Juice/Site News
Jakarta -

Mantan tentara yang satu ini viral setelah kisahnya berjualan bola golf bekas. Ia hanya makan nasidan sambal. Demi bisa mengobati istrinya yang mengalami disabilitas.

Selama 25 tahun lebih, seorang mantan tentara asal Malaysia menggantungkan hidupnya berjualan bola golf bekas di pinggir jalan. Pria bernama Jaapar Leman ini sering menahan rasa lapar, apalagi semenjak pandemi karena tidak ada yang membeli bola golf bekas di pinggir jalan.

Baca Juga: Puaskan Selera Dengan 5 Jajanan Kaki Lima Enak yang Ada di Penang, Malaysia

Dilansir dari Juice (21/07), Jaapar yang sudah berusia 66 tahun mengaku bahwa berjualan golf bekas itu adalah satu-satunya sumber penghasilan dia.

"Pada usia tua seperti ini, hanya ini sumber penghasilan saya satu-satunya. Apalagi yang bisa saya lakukan?" curhatnya.

Biasanya Jaapar akan berjualan bola golf bekas di daerah Ayer Keroh, dekat tempat bermain golf. Ia ditemani sang istri bernama Arniza Mokthar, yang berusia 46 tahun dan merupakan penyandang disabilitas.

nasi bungkus Rp 1000 di surabayaIlustrasi Nasi Bungkus Sederhana. Foto: Hilda Meilisa Rinanda

Karena hal ini, Jaapar harus berjuang lebih keras untuk menghidupi mereka berdua. Apalagi biaya berobat sang istri yang tak sedikit.

"Karena pandemi ini, penjualan sangat menurut. Bulan lalu saya hanya bisa menjual satu paket bola golf bekas seharga RM 30 (Rp 103.022), tapi segitu saja sudah cukup untuk kami hidup," ungkap Jaapar.

Walau aktivitas olahraga seperti golf dibatasi selama lockdown atau MCO di Malaysia, namun Jaapar tetap semangat berjualan di pinggir jalan.

Tak jarang ia harus menahan rasa lapar sepanjang hari, dan menyimpan sisa uang demi mengobati sang istri.

"Biasanya kami akan makan nasi satu bungkus, lalu kami akan menunggu calon pembeli sampai malam. Kami tetap bersyukur tetap bisa makan dalam waktu sulit seperti ini, meskipun kami terbiasa makan dengan nasi putih atau sambal saja, tapi itu sudah lebih dari cukup," sambung Jaapar.

Sedih! Mantan Tentara Ini Cuma Makan Nasi Pakai Sambal demi Obati IstriSedih! Mantan Tentara Ini Cuma Makan Nasi Pakai Sambal demi Obati Istri Foto: Juice/Site News

Meski hanya mampu makan nasi bungkus berdua dengan lauk sambal, tapi dia tetap bersyukur. Ia bahkan terharu ketika sang istri mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa paket makanan.

Jaapar dan sang istri memiliki seorang putra yang membantu mereka mencari uang. Walau penghasilannya jauh dari kata cukup dalam kondisi sekarang.

Tak hanya Jaapar yang mengalami kesulitan dan makan dengan nasi sambal saja. Sebelumnya ada juga penjual makanan kaki lima yang memasang bendera putih di depan rumahnya, karena kelaparan dan tak sanggup membeli makanan lagi.

Baca Juga: Sedih! Penjual Makanan Kaki Lima Ini Kelaparan Sampai Pasang Bendera Putih



Simak Video "Bikin Laper: Nasi Ungu Ayam Bakar di Sukabumi"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com