Praktis dan Enak! Kini Ada Tengkleng dan Sate Kambing Kemasan Siap Santap

Kartika Bagus - detikFood Selasa, 20 Jul 2021 12:30 WIB
tengkleng kambing khas solo Foto: detikfood
Jakarta -

Perayaan Idul Adha dalam suasana PPKM Darurat tetap bisa meriah. Ada olahan daging kambing siap santap. Dari tengkleng, sate dan gule kambing yang sedap siap sekejap.

Di Cemani Grogol Sukoharjo Jawa Tengah, perusahaan makanan milik Puspo Wardoyo dengan anak perusahaan Makanku mengolah menu kuliner serba kambing secara instan. Berupa tengkleng, sate, gulai kambing dan tongseng yang disajikan secara instan dalam kemasan. Jadi tidak perlu repot mengolah dan masak sendiri, cukup dihangatkan bisa langsung dimakan.

Manager Operasional Makanku, Rio Nugroho, mengatakan awalnya makanan cepat saji atau instan ini karena mendapat tantangan menyajikan untuk para Jemaah Haji Indonesia. "Waktu itu kami mendapat tantangan Menteri Agama Pak Lukman, untuk membuat makanan yang kuat lama, dan masih enak rasanya", jelasnya pada detikcom (19/7).

Praktis dan Enak! Kini Ada Tengkleng dan Sate Kambing Kemasan Siap SantapPraktis dan Enak! Kini Ada Tengkleng dan Sate Kambing Kemasan Siap Santap Foto: kartika bagus

"Karena kendala di Haji itu khan, gampang basi dan jaraknya repot macet sehingga makanannya gampang basi", tutur Rio. Sejak itulah muncul produk makanan cepat saji Makanku. Sementara kalau menu kambing ini risetnya karena berhubungan dengan Idul Adha dicoba menu daging kambing.

"Saat ini kami ada produk gulai kambing, tongseng kambing, sate kambing dan juga tengkleng kambing. Memang, kami mengkhususkan Idul Adha seperti saat ini, dengan membuat menu olahan daging kambing. Dan tanggapan masyarakat positif, kami sudah membagikan kepada panelis dan responnya makanannya oke dan kuat satu tahun", jelas Rio.

Menu olahan kambing diolah secara higienis, bumbu dan kuah olahan daging kambing dimasak dengan panci bertekanan agar lembut dagingnya. Kemudian daging dikemas sedemikian rupa dengan takaran yang pas. Disajikan dalam satu tatakan komplit berisikan nasi, kuah, daging kambing yang telah diolah dan juga bumbu tambahan seperti kentang.

Sementara, salah satu pelanggan Makanku, Andrea Prianti mengatakan menu ini cocok untuk kegiatan traveling karena penyajiannya yang gampang dan rasanya tidak kalah dengan warung atau restoran.

Praktis dan Enak! Kini Ada Tengkleng dan Sate Kambing Kemasan Siap SantapPraktis dan Enak! Kini Ada Tengkleng dan Sate Kambing Kemasan Siap Santap Foto: kartika bagus

"Meskipun ini makanan instan tapi tidak jauh berbeda dengan makanan yang fresh, bumbunya terasa banget sampai di dalam dagingnya, dipadukan dengan kentang kentangnya ini sangat empuk, bisa dinikmati dimana saja dan kapan saja, cukup cocok dengan segala suasa", tambahnya.

Menu olahan kambing ini sangat mudah didapatkan.Harganyapun tak menguras kantong dengan porsi cukup untuk dua orang. Antara Rp. 32 Ribu hingga Rp. 50 ribu kamu sudah bisa merayakan Idul Adha dan membantu pemerintah mengurangi penyebaran Covid 19 dengan tinggal di rumah saja.



Simak Video "Olahan Kambing Instan untuk Momen Idul Adha di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com