11 Makanan Khas Daerah Jogja yang Populer dan Wajib Dicoba Saat Travelling

Fahri Zulfikar - detikFood Selasa, 01 Jun 2021 14:00 WIB
Mangut Lele Mbah Marto Foto: detikFood
Jakarta -

Wisata ke Jogja jangan pernah lupakan kuliner yang khas dan lezat. Ada banyak makanan khas daerah Jogja yang wajib kamu coba. Apa saja?


Selain terkenal dengan tempat wisata yang indah, Jogja memiliki jenis kuliner yang sangat lezat dan populer di kalangan wisatawan. Salah satu yang populer adalah gudeg. Selain itu Jogja juga punya sate yang unik. Seperti apa rasanya?


Berikut ini 11 makanan khas daerah Jogja yang wajib kamu coba:


1. Sate Kere

sate kere di pasar bringhajosate kere di pasar bringhajo Foto: detikFood/Adjie Prasetya

Tak hanya terkenal di kota lain, Jogja juga memiliki kudapan sate yang khas yakni Sate Kere yang berada di kawasan Malioboro, tepatnya berada di sekitaran Pasar Beringharjo.


Sate kere adalah sate yang berbahan dasar jeroan sapi khususnya sate bagian koyor atau lemak yang menempel pada daging.


Penyebutan nama dari Sate Kere kabarnya berasal dari lokasi penjualan yang terletak di emperan pasar dan harga yang murah meriah makanya kuliner ini termasuk kuliner jogja murah. Namun ada juga yang berpendapat bahwa kere berarti 'miskin'. Memang di zaman dahulu sate kere hanya dikonsumsi oleh masyarakat kalangan bawah.

Tak bisa mengonsumsi daging, menurut sejarahnya sate kere dahulu terbuat dari tempe gembus dan ampas tahu. Kini sate kere sudah dilengkapi dengan jerohan sapi. Seporsi sate kere biasanya disajikan dengan beberapa tusuk sate jerohan sapi, gembus dan tempe serta disajikan dengan lontong dan bumbu kacang.


Sate Kere Mbak Tug menjadi salah satu warung sate langganan presiden Joko Widodo. Buka pukul 13.00-16.30 WIB, warung ini ada di Jalan Arifin, sebelah Es Nini Thowong. Sedangkan malam harinya, mereka buka di depan Gua Maria Mojosongo.


2. Oseng Mercon

Oseng oseng merconOseng oseng mercon Foto: Istimewa

Makanan pedas ini seperti menjadi primadona baru di Jogja selain Gudeg. Semua pelancong hampir tak pernah melewatkan kuliner pedas Oseng Mercon khas Bu Narti.


Buka mulai pukul 18.00 WIB, pelancong bisa memilih 8 menu oseng yang tersedia. Untuk menambah kelezatan, oseng-oseng bisa ditambahkan dengan menu lainnya seperti ayam, telur, tahu atau tempe. Racikan bumbu yang meninggalkan sensasi pedas yang khas membuat kuliner ini memiliki banyak pelanggan wisatawan.


Oseng Mercon Bu Narti beralamat Jl. KH. Ahmad Dahlan No.110, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta.


3. Gudeg Bromo

Sedep Mlekoh! 5 Nasi Gudeg Khas Jogja dengan Lauk LengkapSedep Mlekoh! 5 Nasi Gudeg Khas Jogja dengan Lauk Lengkap Foto: detikfood/Instagram

Berbeda dengan Gudeg Jogja pada umumnya yang terkenal dengan rasa manisnya, Gudeg bromo memberikan variasi gudeg yang berbeda yaitu menyajikan rasa gudeg yang pedas.


Pengunjung bisa memilih ayam dan tingkat kepedasan sesuai selera. Letaknya yang di pinggir jalan menambah suasana menjadi lebih syahdu sambil menikmati jalanan malam kota Jogja.

Saking terkenal dengan kelezatannya Gudeg Bromo selalu ramai dikunjungi pada malam hari. Lokasi gudeg ini di Jalan Affandi No 2-A jam dan buka dari 11 malam hingga 5 pagi.


4. SGPC Bu Wiryo

Nasi pecelNasi pecel Foto: Istimewa

SGPC adalah singkatan dari kata Sego Pecel atau nasi pecel. Kuliner satu ini merupakan salah satu kuliner legendaris sejak tahun 1959.


Pilihan lauknya yang beragam membuat pengunjung bisa memilih sesuai selera. Di antaranya tempe, telor ceplok, sate usus, sate telur puyuh, sate usus, dan ayam goreng. Selain cita rasa nusantara, kamu bisa lebih merasakan suasana Jogja tempo dulu musik keroncong hingga musik nostalgia.


SGPC beralamat di Jl. Agro CT VIII Klebengan, Selokan Mataram dan buka pukul 07.00-20.00 WIB.


5. Soto Sampah

soto sampah khas  Jogja yang murah sedapsoto sampah khas Jogja yang murah sedap Foto: Vattaya Zahra/detikcom

Jangan terkecoh dengan namanya, makanan khas daerah Jogja satu ini wajib dicoba sebagai wisata kuliner di malam hari.


Soto Sampah memiliki sejarah unik karena dulu soto ini dinamakan dengan Soto Simak atau Soto Becak karena sebagian besar pelanggannya ialah tukang becak.


Disebut Soto Sampah karena ada gajih sapi dan pendamping lain sehingga membuat penampilan di mangkok berantakan. Satu porsi soto ini berupa irisan kol, tauge, bihun, daging gajih dan siraman kuah soto.


Soto Sampah beralamat di Jl. Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta.


6. Mi Nyemek Bu Siti

Kuliner malam legendaris di YogyaKuliner malam legendaris di Yogya Foto: Armando Aditya Putra/d'Traveler

Buat kamu yang bosan dengan sajian mie yang itu-itu saja, Mi Nyemek Bu Siti bisa kamu coba karena sajian yang spesial dan kelezatannya.


Warung mie ini berlokasi di Jalan Sisingamangaraja No.39, Mergangsan ,Kota Yogyakarta. Mie yang disajikan bukan sekedar mie instan biasa namun dengan racikan bu Siti dan tambahan bumbu dari mie instan tersebut. Warung ini buka dari jam 6 sore hingga 2 pagi.


7. Bakmi Jawa Jogokariyan

bakmi jawabakmi jawa Foto: Istimewa

Berbeda dengan Mi Nyemek, olahan Bakmi Jawa menjadi makanan khas daerah Jogja yang sering diburu pelancong.


Salah satu Bakmi Jawa yang memanjakan lidah ialah Bakmi Jawa Jogokariyan Pak Furqoni. Dengan bumbu cita rasa khas Jogja, warung ini menyediakan menu bakmi godhog, goreng, serta menu lain yang bisa kamu pilih.


Rasanya yang khas membuat Bakmi Jogokariyan kerap diburu wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Bakmi ini beralamat di Jl. Modang No.482, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta.


8. Lumpia Malioboro

Depot Hok Lay Malang11 Makanan Khas Daerah Jogja yang Populer dan Wajib Dicoba Saat Travelling Foto: Putu Intan/detikcom

Lumpia memang identik dengan kuliner khas Semarang, tapi di Jogja kamu bisa menemukan lumpia enak yang sudah berjualan sejak 40 tahun lalu.


Lumpia khas Jogja ini memiliki isian berupa campuran daging ayam, bengkoang, dan telur puyuh. Jajan ini bisa kamu temukan di Jalan Malioboro Nomor 18, Suryatmajan, Danurejan, dan buka pukul 10.00 - 16.00.


9. Walang Goreng Pak Gareng

belalang gorengbelalang goreng Foto: Enggran Eko Budianto/detikcom

Di Gunung Kidul, Jogja kamu akan menemukan lauk pauk berupa walang goreng yang dijadikan cemilan. Walang atau belalang goreng yang terkenal di Jogja ialah Walang goreng Pak Gareng. Sebelum proses pengolahan, kuliner Jogja yang enak ini dibersihkan terutama pada bagian sayap.


Ada banyak varian rasa bumbu yang ditawarkan seperti gurih, pedas hingga bacem. Untuk membuat walang goreng ini memerlukan bumbu yang terdiri dari bawang putih, cabai besar, cabai rawit, merica dan garam.


Walang Goreng Pak Gareng beralamat di Jalan Dharmakum dharmakusuma Selang 1 Kel, Selang V, Selang, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul.


10. Angkringan Lik Man

Wisata kuliner Kopi Joss dari Angkringan Lik ManWisata kuliner Kopi Joss dari Angkringan Lik Man Foto: Sukma Indah Permana

Berlokasi di dekat stasiun Tugu, Yogyakarta, ada angkringan yang wajib disambangi. Selain makanan khas angkringan berupa nasi dan lauk pauk sederhana, angkringan ini juga punya kopi joss yang terkenal.


Menghabiskan malam di Jogja sambil menyesap segelas kopi joss memang paling nikmat. Apalagi ditemani tembang klasik yang dibawakan para musisi jalanan.

11. Mangut Lele

mangut lele bu Is legendaris dari BantulFoto: Hanifah Ludfiana/detikcom


Mangutlele yang terkenal diJogja adalah mangutlele racikan MbahMarto. Olahan ikanlele dengan kuah santanberbumbu pedas jadi salah satu sajian khas Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Jika ingin mencicip mangut lele enak buatan Mbah Marto, kamu bisa datang ke Dusun Nggeneng, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul.

Itulah 11 makanan khas daerah Jogja yang lezat dan populer dan wajib untuk dicoba.



Simak Video "Bikin Laper: Mencoba Soto Gubeng Daging yang Terkenal di Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com