3 Makanan Ini Ditakuti Setan dan Bantu Sembuhkan Sihir

Devi Setya - detikFood Senin, 19 Jul 2021 19:30 WIB
Ilustrasi santet Foto: iStock
Jakarta -

Sihir termasuk golongan ilmu hitam, meski tak tampak tapi banyak yang percaya bahwa sihir bisa mengganggu kehidupan. Untuk mengusir sihir ternyata bisa mengandalkan makanan.

Secara harfiah, sihir berarti sesuatu yang halus dan tersembunyi. Sihir dipercaya menjadi alat untuk mencelakai orang lain. Pelaku praktek sihir menggunakan metode dan media yang berbeda-beda sesuai dengan maksud dan sasaran sihir tersebut.

Orang yang terkena sihir biasanya memiliki keluhan kesehatan namun tidak terdeteksi secara medis. Meski tidak tampak, tapi sihir dipercaya bisa membuat orang menjadi sakit bahkan terkena gangguan mental. Segala jenis sihir ini termasuk dalam perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT.

Sihir sudah ada sejak zaman Nabi, bahkan beberapa obat penawarnya pun tercatat dalam Al-Quran dan hadist. Selain doa, ada beberapa jenis makanan yang bisa menjadi penawar dan pencegah sihir seperti halnya santet dan pelet.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa makanan yang bisa mencegah dan mengobati sihir.

1. Kurma Ajwa

Ajwa Dates (Prophet dates) on white background3 Makanan Ini Ditakuti Setan dan Bantu Sembuhkan Sihir Foto: istock


Diriwayatkan dalam hadist bahwa kurma Ajwa bisa mencegah dan mengobati sihir, bahkan kurma kesukaan Nabi Muhammad SAW ini juga ditakuti jin.

Dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, diriwayatkan hadits dari Sahabat Sa'ad bin Abi Waqqash, dari Nabi Muhammad SAW beliau pernah bersabda: Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir" (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Al-Hafiz Ibnu Hajar al Asqolani mengutip perkataan imam Al-Khotobi tentang keistimewaan kurma ajwa yaitu kurma ini bisa mencegah dan mengobati sihir karena didoakan oleh Rasulullah SAW.

"Kurma ajwa bermanfaat untuk mencegah racun dan sihir dikarenakan doa keberkahan dari Rasulullah SAW terhadap Kurma madinah bukan karena zat kurma itu sendiri" (Fathul bari syarah al-bukhari oleh Al Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqolany X/239).

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Menyantap Whole Chicken Pakai Bakso Goreng Renyah"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com