Nyam! Sandwich Keju Termahal di Dunia Ini Harganya Rp 3,1 Juta

Sonia Basoni - detikFood Senin, 19 Jul 2021 19:00 WIB
Nyam! Sandwich Keju Termahal di Dunia Ini Harganya Rp 3,1 Juta Foto: Serendipity 3/Facebook
Jakarta -

Harganya mencapai jutaan rupiah. Sandwich keju yang satu ini memegang predikat sebagai sandwich keju termahal di dunia yang dijual secara bebas, selama tujuh tahun berturut-turut.

Banyak makanan mahal yang harganya fantastis, seperti menu Quintessential Grilled Cheese yang dibuat oleh restoran mewah Serendipity 3, di New York. Menu sandwich keju yang satu ini memegang rekor Guinness, sebagai sandwich keju paling mahal.

Dilansir dari Oddity Central (19/07), makanan ini sudah dijual di restoran Serendipity 3 selama tujuh tahun lamanya. Satu porsi sandwich keju ini harganya $214 (Rp 3,1 juta). Mungkin terkesan biasa saja jika dibandingkan dengan harga makanan lain yang mencapai ratusan juta rupiah per porsi.

Baca Juga: Kentang Goreng Termahal di Dunia Ini Harganya Hampir Rp 3 Juta!

Namun yang menarik perhatian adalah, menu Quintessential Grilled Cheese dijual secara komersil atau bebas. Kebanyakan makanan berharga fantastis hanya dijual dalam waktu terbatas, tapi Quintessential Grilled Cheese jadi menu reguler yang digemari di restoran Serendipity 3.

Nyam! Sandwich Keju Termahal di Dunia Ini Harganya Rp 3,1 JutaNyam! Sandwich Keju Termahal di Dunia Ini Harganya Rp 3,1 Juta Foto: Serendipity 3/Facebook

Dibalik harganya yang mahal tentunya ada banyak bahan makanan premium berkualitas yang tak bisa ditemukan di sembarang tempat.

"Harga ini ditentukan dari bahan-bahan yang kami gunakan untuk membuat menu ini. Semuanya bahan makanan yang paling ekslusif dan mahal di dunia," jelas Joe Calderon, selaku Creative Chef di Serendipity 3.

Butuh waktu 48 jam untuk memproses menu sandwich keju ini. Ciri khasnya terletak pada roti sandwich homemade dengan tekstur krispi yang renyah, kemudian rotinya dibuat dengan campuran champagne dari Don Perignon.

Agar rasa roti sandwichnya tidak hambar, Joe mengoleskan butter dari campuran jamur truffle putih lalu baru ditambahkan keju Caciocavallo Podolico.

Nyam! Sandwich Keju Termahal di Dunia Ini Harganya Rp 3,1 JutaNyam! Sandwich Keju Termahal di Dunia Ini Harganya Rp 3,1 Juta Foto: Serendipity 3/Facebook

Keju Caciocavallo Podolico ini lah yang menjadi bahan utama dari sandwich mewah ini. Keju ini sangat langka, dan dikirim langsung dari Italia Selatan. Dibuat dengan susu dari sapi yang jumlahnya hanya ada 25.000 ekor di dunia. Di mana sapi-sapi ini akan mengeluarkan susu sebanyak dua bulan dalam waktu satu tahun.

Tak hanya kejunya, sandwich ini disajikan mewah di atas piring Baccarat. Lengkap dengan saus tomat dan potongan lobster enak. Sandwich ini dipanggang selama empat menit, untuk melelehkan keju Caciocavallo Podolico.

"Ini seperti sandwich keju tapi pakai steroid. Karena menu ini menggunakan semua bahan-bahan terbaik di dunia," lanjut Joe.

Bagi yang tak suka sandwich, tak perlu khawatir. Karena baru-baru ini muncul burger termahal di dunia dengan harga mencapai Rp 85 juta. Burger ini dibuat menggunakan daging wagyu A5 murni, lengkap dengan kaviar Beluga, king crab, jamur truffle putih dan lapisan emas yang mewah.

Baca Juga: Mewah! Burger Termahal di Dunia Ini Harganya Rp 87 Juta



Simak Video "'Supper Sandwiches & Burgers': Sajian Simpel Bercita Rasa Luar Biasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com