Mewah! Burger Termahal di Dunia Ini Harganya Rp 87 Juta

Devi Setya - detikFood Senin, 12 Jul 2021 12:30 WIB
Mewah! Burger Termahal di Dunia Ini Harganya Rp 87 Juta Foto: Odditty Central
Jakarta -

Burger satu ini mungkin hanya bisa dinikmati orang-orang berkantong tebal. Burger termahal di dunia ini dibanderol seharga Rp 87 juta.

Sekilas burger ini tampak seperti burger biasa, tapi ternyata inilah burger termahal di dunia. Dibuat menggunakan bahan-bahan premium yang menjadikan harganya fantastis.

Dilansir dari Oddity Central (12/7) burger yang diberi nama The Golden Boy ini dibuat menggunakan 100 persen daging wagyu A5, dilengkapi kaviar Beluga, king crab, white truffle dan sederet bahan premium lainnya. Harganya yang super mahal menjadikan burger ini memecahkan rekor sebagai burger termahal di dunia.

Satu tangkup burger ini dibanderol dengan harga $6.000 atau setara Rp 86,9 juta.

Mewah! Burger Termahal di Dunia Ini Harganya Rp 87 JutaMewah! Burger Termahal di Dunia Ini Harganya Rp 87 Juta Foto: Odditty Central

Burger The Golden Boy dibuat oleh Robbert Jan de Veen, pemilik restoran De Daltons di Belanda. De Veen mengaku menemukan ide membuat burger termahal ini setelah melihat internet soal burger termahal yang pernah dibuat di Oregon tahun 2011 lalu.

Burger seharga $5.000 (Rp 72,4 juta) ini memiliki ukuran super besar dengan berat 352 kilogram. De Veen menganggap burger ini keren namun ia berinisiatif untuk membuat burger mahal dengan ukuran personal yang porsinya cukup untuk satu orang.

"WOW! rekor yang keren, tapi sayang sekali mereka membuat burger seberat 350 kg itu, "kata de Veen. "Jika Anda memiliki rekor seperti itu, Anda harus membuat burger yang bisa dimakan satu orang. Karena itulah burger paling mahal di dunia."

Restoran milik De Veen terpaksa tutup dan tidak ada kompetisi makanan karena pandemi. Resto ini hanya melayani takeaway namun De Veen tetap merasa hidupnya jadi hampa dan merasa tidak produktif.

Akhirnya ia memutuskan untuk membuat burger termahal dan menjualnya. Hasil penjualan burger ini akan disumbangkan untuk kegiatan amal.

"Saya memutuskan untuk membuat burger termahal di dunia dan menyumbangkan seluruh pendapatan untuk amal, untuk berbuat baik bagi masyarakat."

Untuk mendapatkan resep The Golden Boy dengan tepat, ia membutuhkan waktu untuk uji resep. Berulang kali ia menggunakan berbagai bahan untuk membuat burger mewahnya ini layak diberi harga mahal.

Burger ini dibuat dengan berbagai bahan mahal, dari roti isi champagne Dom Perignon yang dibungkus dengan daun emas, hingga daging sapi Wagyu Jepang, kaviar Beluga, ham Joselito Bellota 100% Iberico Vintage Jamon, keju Cheddar dengan truffle dari Wyke Farms. Kemudian disiram saus BBQ yang terbuat dari kopi Luwak dan Macallan Single Malt Whiskey Rare Cask, dan smoked saffron chive mayones yang terbuat dari telur bebek.

Saat disajikan, burger diasapi dengan wishky yang juga menambah sensasi rasa dan aromanya semakin spesial.

Mewah! Burger Termahal di Dunia Ini Harganya Rp 87 JutaMewah! Burger Termahal di Dunia Ini Harganya Rp 87 Juta Foto: Odditty Central

"Bahan-bahannya saling melengkapi dengan sangat baik dan rasanya sangat kuat," kata pencipta The Golden Boy. "Meskipun burger ini sangat mahal, Anda tetap harus makan menggunakan tangan karena itulah satu-satunya cara untuk makan burger. Karena roti bun ditutupi daun emas, jari-jari Anda akan menjadi emas pada saat Anda menyantapnya. "

Sejak rumor soal burger mahal ini merebak di Belanda, seorang pengusaha di Belanda, Geor Schuurman berniat membeli burger ini.

Burger Golden Boy pertama dijual pada 28 Juni, tetapi Robbert Jan de Veen siap untuk menjual lebih banyak di restorannya di kota Voorthuizen, Belanda. Untuk bisa menikmati burger ini, kamu harus melakukan pemesanan 2 minggu sebelumnya dan melakukan deposit uang sebesar $750 atau setara Rp 10,8 juta.



Simak Video "'Supper Sandwiches & Burgers': Sajian Simpel Bercita Rasa Luar Biasa"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com